Uniknya Kaca Kristal Untuk Hiasan Rumah

Materi batu kaca kristal selain untuk materi berbagai kebutuhan hidup juga untuk media kreasi para seniman. Benda seni dari materi kaca yang dikenal sebagai kristal sudah Iama disukai orang. Namun, kini selera berubah, selain hiasan kaca kristal yang transparan, juga disukai materi kaca yang dof berwarna warni.

PUSAT SENI KERAJINAN tradisional Kristal berada di Eropa. Yang terkenal sampai saat ini sebagai pusat kerqinan seni kaca adalah Baccarat dan Daum di Prancis. Kerajinan kaca kristal yang cemerlang indah karena teknik irisannya (cutting) yang banyak masih diminati konsumen.

Para seniman kini membuat seni kaca yang dof dan bernuansa warna indah. Teknik baru tersebut dibuat dalam suatu proses yang menghasilkan banyak gelembung dalam gelas. Banyaknya gelembung dalam materi memberikan efek tekstur dan nuansa warna yang indah. Dalam seni kaca teknik mencampur warna tidak seperti mencampur cat untuk lukisan. Nuansa warna diperoleh dari penggabungan zatyang dihasilkan karena pemanasan dalam suatu reaksi kimia.

Para seniman mengutamakan hasil penampilan karya seniyang berteksfur unik tersebut Di Daum benda-benda seni kaca sering dihasilkan oleh para seniman patung yang biasa bekerla dengan batu granit atau materi keras lainnya Mereka mencoba pula memakai materi kaca untuk media ekspresi yang mengganbakan berbagai objek yang biasa dihasilkan oleh materi keras lain. Hasilnya sering berupa karya yang berkesan monumental.

Hal ini tampak pada Daichi, The Mother of the Earth, sebuah vas, bak patung monolit karya Eric The’ret. Bongkahan pohon dibuat seolah-olah bekas irisan kapak dengan menampilkan tekstur kasar. Warna hijau alami dipilih untuk mengekpresikan warna alam. Bongkahan pohon itu difungsikan untuk vas bunga, dengan tambahan diberi tabung gelas untuk tempat air di bagian dalamnya.

Selanjutnya ditampilkan patung kaca kristal bernuansa hijau karya Sonia de Suza yang menggambarkan dua bentuk lengkungan yang menyatu bak dua sosok saling berpelukan, melambangkan suatu bentuk inkarnasi dua jiwa Bentuk yang elegan ini diciptakan oleh seniman bekas balerina berasal dari Brazili4 yang terbiasa dengan gerak dan olah tubuh yang dinamis.

Sonia belajar seni pada Jim Youngman’s di New York dan pernah tinggal di beberapa Negara seperti Hong Kong, Spanyol dan Meksiko. Karya art craft dari kristal baik yang bening transparan maupun yang berwarna dof diproduksi secara terbatas (antara 100 sampai 350 buah) yang dijual di seluruh dunia. Karya seni rupa kaca kristal baik yang transparan dan bekilau kuena cuttingyar’g banyak dan akural maupun yang dof berwarna indah sama-sama cocok diterapkan sebagai penunjang interior.