Trik membuat lantai carport dari batu koral dan Semen

Lantai carport batu koral sudah ada sejak zaman dulu dan sudah lazim digunakan di rumah-rumah, mulai dari pedesaan sampai kota-kota besar. setelah memperhatikan sejumlah rumah di beberapa perumahan, ternyata koraI adalah material yang paling banyak dipakai untuk lantai carport. Biasanya yang dipakai adalah koraI ukuran keciL, yang “diikat” dengan semen. Dulu, batu koraI bisa ditemui dijalan dengan mudah. Sekarang, batu koral dijual di penjual tanaman dan batu alam. Dibandingkan batu alam, harga koral jauh lebih murah.

Permukaan Kasar

Mengapa batu koral banyak digunakan untuk penutup lantai carport? Salah satu syarat penutup lantai carport adalah memiliki permukaan kasar. lni untuk mencegah roda mobiI terpeleset saat memasuki carport. Batu koral, memiliki syarat ini. Selain itu, karena carport berada di Iuar ruang, tentunya materiaI untuk Iantainya haruslah yang tahan panas dan hujan. Lagi-lagi koraI memenuhi syarat ini. Terakhir, karena berada di Iuar dan sering dilindas ban mobil, lantai carport koral tentunya Iebih sering kotor. Karena itu, material yang cocok adalah material yang mudah perawatannya. Sekali lagi, syarat ini ada pada koral. Untuk membersihkan koral, kita cukup mengguyurnya dengan air, lalu menyikatnya dengan sikat besar. Tidak perlu khawatir tergores, cacat, atau berubah warna. Untuk mendapatkan tampilan warna yang lebih hitam atau kesan basah, koraI bisa diberi pelapis cooting khusus untuk batu alam.

Koral Sikat

Untuk pengaplikasian batu koraI sebagai penutup lantai carport, bisa digunakan koraI sikat. lni adalah salah satu cara perlakuan pada koraI yang sudah dipraktikkan sejak zaman nenek kita dulu. KoraI sikat bisa dibuat langsung di tempat, dalam hal ini lantai carport. Cara konvensionalnya sederhana saja. KoraI diletakkan di tanah, diatur agar sebarannya rata, Ialu “disiram” adukan semen. Untuk meratakan adukan semen ini, permukaan bidang yang disiram semen tadi disapu menggunakan sapu lidi, sehingga permukaan koral muncul. Karena seperti “disikat” menggunakan sapu Iidi, maka disebutlah koraI sikat. Saat ini, koraI sikat sudah dijual dalam bentuk keping seperti ubin. Pemasangannya menyerupai pemasangan ubin keramik. Jauh lebih praktis. Pilihan koralnya pun beragam, mulai dari yang sangat keciI dan halus sampai yang agak besar. Untuk membuatnya tampiI lebih indah, tersedia pula koraI yang diberi motif, misalnya bentuk bunga atau daun. Anda bisa menggunakan beberapa ubin bermotif ini untuk setingan pada lantai carport.

Semen Cetak

Selain koral, materiaI yang juga praktis dan kuat digunakan untuk lantai carport adalah semen cetak. Yang dimaksud semen cetak di sini adalah semen yang dibuat (dicetak) dalam bentuk keping. Semen cetak terbuat dari campuran semen, pasir, dan batu koraI kecil, dengan perbandingan 3: 1:0,25.

berbeda dengan lantai plesteran semen cetak tidak dibuat langsung di atas lahannya. semen dibuat secara terpisah menjadi lempeng/keping setelah itu baru setiap kepingnya dipasang diatas lantai carport. untuk memperindah tampilan pemasangan semen cetak bisa dipadukan dengan tanaman. berilah jarak pada setiap kepingnya dan tanami rumput di bagian selanya. tampilannya pun akan menyerupai grass block. dilihat dari pembuatannya semen cetak cukup simpel, dengan biaya tidak terlalu tinggi. perawatannya pun mudah karena permukaan semen bisa dicuci dengan cara menyikatnya.