Taman didalam Rumah Mungil dan Minimalis menurut Fengshui

Taman didalam rumah kecil berfungsi memasukkan udara segar dan cahaya matahari ke dalam rumah. Selain itu taman indoor jrga menjadi solusi pembuangan air hujan. Fungsi taman ini juga dapat sebagai pembatas antar zona di dalam rumah, seperti zona semi privat dengan zona servis. Curah hujan yang cukup tinggi di daerah tropis membutuhkan penyelesaian pembuangan air hujan yang tepat. Pada prinsipnya, air hujan yang jatuh di permukaan atap harus cepat sampai ke dalam tanah. Apalagi talang horizontal terpaksa harus dihilangkan akibat pertemuan dua permukaan atap. Untuk itu salah satu permukaan atapnya ada yang digeser dan dibuka. Sehingga ada ruang sedikit untuk jatuhnya air dari dua permukaan atap tersebut. Sedikit ruang inilah yang difungsikan sebagai taman terbuka, letaknya ada di bagian tengah rumah. Di sini ditanami tumbuhan yang berbunga karena cahaya matahari bisa masuk. Batu-bratu pun ikut menghias. Selain itu Taman didalam Rumah ini dapat pula diberi kolam lengkap dengan air mancurnya.

Taman didalam Rumah yang Banyak bukaan

Taman didalam rumahKenyamanan termal dicapai dengan banyaknya bukaan yang berfungsi sebagai ventilasi silang. Lubang-lubang bukaan dibuat dengan pertimbangan fungsi dan estetika yang diolah dengan baik sehingga unsur fisika bangunan dapat bekerja dengan baik sementara tampilannya tetap bisa menarik. Rumah induk dan garasi terletak saling terpisah, pemisahan ini dimanfaatkan untuk patio dan udara segar bisa mengalir melaluinya. Kelebihan lainnya ada pada di pintu garasi, elemen bujursangkar di sisi bukan cuma tempelan. Tetapi berfungsi sebagai lubang ventilasi untuk garasi dan ruang-ruang servis di belakangnya.

Batu candi

Batu ini berwarna gelap , kuat dan tidak mudah berlumut. Berbentuk lempengan dengan ukuran besar dan ada pula yang kecil. Untuk mendapatkan nilai estetika yang lebih, maka lempengan bujursangkar batu candi ini atur maju mundur. Bila ada sorotan sinar matahari dan lampu sorot, maka pemasangan jenis ini akan menghasilkan bayangan yang indah. Gelap dan terangnya menghasilkan bidang berkotak-kotak. Bidang batu candi menjadi eye catcher fasad rumah ini. Dan menegaskan akan kekonsistenan terhadap bidang bujursangkar yang digunakan pada desain fasad.

Bermain bidang geometris

Permainan bida ng-bidang, baik bentuk, ukuran, tekstur, maupun warna menambah tingkat kenyamanan visual. Elemen geometris banyak digunakan di sini, seperti bentuk-bentuk bujursangkar dan persegi panjang yang disusun secara horizontal dan vertikal. Pengolahan yang penuh kreativitas tidak menyebabkan kesan “hujan” kotak-kotak, tetapi justru membentuk komposisi yang kompak.