Solusi punya rumah menghadap barat

Bapak joko baru membeli rumah yang menghadap ke barat. Karena ruang yang ada terbatas. Ia perlu merenovasi rumah tersebut untuk bisa menampung 5 buah ruang tidur (1 ruang tidur utama, 3 ruang tidur anak dan 1 ruang tidur pembantu) dan ruang terbuka untuk aktivitas anak-anak.

Pemecahan

Rumah standar yang dibeli oleh bapak loko merupakan rumah dengan konsep rumah tumbuh sehingga dalam mengembangkan rumah ini tidak perlu melakukan banyak pembongkaran. Ruang tidur yang ada diubah fungsinya menjadi ruang tamu atau ruang keluarga yang menyambung dengan ruang makan baru, sementara kamar mandi dipindah ke sebelah kanan. Ruang tamu dan ruang makan lama yang lebarnya hanya 2 m dimanfaatkan menjadi dapur dan pintu masuk samping.

Sayang, informasi yang diberikan oleh bapak joko tidak mencantumkan berapa usia anak-anaknya agar pembagian ruang tidur anak bisa dibuai lebih efisien. Apakah ruang- ruang tidur anak tersebut perlu berdekatan dengan ruang tidur orang tua .atau tidak. Alternatifnya satu ruang tidur bisa diletakkan berdekatan dengan ruang tidur utama, sementara ruang tidur anak yang lainnya bisa di lantai 2. Di lantai 2 disediakan sebuah ruang terbuka di tengah untuk keperluan bermain anak-anak, orang tua juga bisa mengawasinya dari ruang kerja yang terbuka.

Pembantu juga memiliki kemudahan akses ke ruang bermain ini sehingga apabila diperlukan, setiap saat ia akan mudah untuk dipanggil. Rumah yang menghadap barat mempunyai masalah dengan sinar matahari sore yang terik dan panas. Untuk menyiasatinya, bukaan pada depan rumah perlu diberi penghalang berupa kisi-kisi. Sinar matahari sore sangat merusak finishing pada kayu, baik cat maupun pelituran atau melamik.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi pengecatan atau perawatan, kusen-kusen pintu dan jendela serta kisi-kisi penghalang sinar matahari bisa dibuat dari aluminium yang diberi finishing cat dengan sistem powder coating. Memang akan lebih mahal dibandingkan dengan kayu atau aluminium standar finishing anodized (warna aluminium natural abu-abu atau cokelat/hitam). Namun dengan menghitung perawatan berkala jangka panjang yang harus dilakukan untuk mengecat ulang, akan jauh lebih murah apabila menggunakan material aluminium ini.