Seputar Bangunan Atau Benda Pusaka Jaman Dulu

Pusaka jaman dulu – Arsitektur adalah makna yang dibentuk dan mengekspresikan siapa kita yang sesungguhnya (Charles Jencks), ltulah sepenggal pernyataan Jencks tentang arti identitas arsitektur.

BANGUNAN ARSITEKTUR masa silam atau yang biasa disebut hertage atau warisan (pusaka jaman dulu) bisa dikategorikan dalam art mewujud (tangible) dan tidak mewulud (intangible). Heritage yang mewujud berasa dari masa purbakala atau beratus-ratus tahun yang alu dan dapat ditanda secara fisik seperti benda pusaka peninggalan jaman dulu, tugu, bangunan dan kawasan perkotaan.

Sedangkan heritage atau warisan yang tidak mewujud bisa ditemu pada tradisi-tradisi budaya tiap-tiap daerah, Berkaitan dengan makna dan pengertian heritage, Marco Kusumawilaya seorang ahli perkotaan yang dikenal sangat intens menangani berbagai masalah kota mengemukakan pendapatnya tentang pusaka yang harus dilestarikan, Menurutnya di era masa kini ada pula pusaka-pusaka yang umurnya cukup muda dan dalam undang-undang budaya belum termasuk kategori heritage karena masanya belum ebih dar 50 tahun misalnya Hotel lndonesia dan Ge ora Bung Karno. Tetapi secara makna bangunan bangunan tersebut sudah dianggap sebuah barang pusaka jaman dulu karena berhubungan dengan Bung Karno.

Marco berpendapat bahwa sesuatu bisa dianggap heritage atau sebuah warisan bila dirasa perlu karena nilai intrisiknya mewakil gaya, tipologi dan zaman tertentu atau berkaitan dengan periode sejarah dan tokoh sejarah tertentu, Jadi kriterianya tidak hanya waktu. Ketika dltanya mengenai pusaka kota Jakarta, pria yang aktif di dalam komunitas pencinta pusaka Indonesia ini menyatakan bahwa Jakarta memilik banyak bangunan yang mewakili periode tertentu misalnya tugu tugu yang ada di museum merupakan barang pusaka jaman dulu, tradisi masyarakat Betawi dan Tionghoa serta beberapa diantaranya meninggalkan jejak.

Jika kita semua tengok sejarah Jakarta sebagai suatu permukiman sebenarnya sudah lebih tua dari umurnya yang dihitung dari masa Fatahillah. Sunda Kelapa sudah ada sejak abad ke-12  sampai dengan abad ke-1 3 karena sebelum dikuasai Fatahillah dan orang-orang Eropa. Jakarta adalah sebuah pelabuhan mtlrk Kerajaan Tarumanegara.