Renovasi Dengan Cara Menggabungkan 2 Rumah Type 45 Menjadi 1

Bagaimana mendesain sebuah rumah yang terpisah tetapi menjadi satu kesatuan atau simpel nya  menggabungkan 2 rumah dalam lahan seluas 400m2 ? lnilah yang diinginkan dua kepala keluarga yang beradik kakak pada rumah yang mereka idamkan kepada arsitek Tan Tik Lam di Bandung.

Tan tik lam yang akrab disapa Lemmy ingin menggabungkan 2 rumah tersebut dengan mengacu kepada falsafah desain modern yaitu menerapkan bentuk arsitektur yang efisien dan kompak. Ternayata menggabungkan 2 rumah tipe 45 tidak semudah yang di bayangkan, Dengan menganut suatu kondisi yang nyaman bagi pemilik rumah, bentuk arsitektur harus terlihat simpel dan fungsional tapi tetap modern dan paduan bahan material yang murni.

Rumah dengan dua lantai ini sebenarnya merupakan dua rumah yang “kembar” dipisahkan oleh bidang tembok di tengah. menggabungkan 2 rumah menjadi 1 memang butuh desain yang detail , maka dari itu sang pemilik desainnya mengambil referensi poros bidang tembok sebagai titik simetris di lahan seluas 4OOm’ yang berbentuk kotak persegi.

Sebelumnya menggabungkan 2 rumah ini  tidak terpikir kan oleh sang pemilik, dengan lahan 400 m Setiap rumah mendapat lahan seluas 200m untuk diolah, Pemilik rumahnya yaitu keluarga Wandi dan keluarga Hendra membeli dua kapling di perumahan eksklusif di Bandung Utara.

Kebutuhan mendasar keluarga ini adalah adalah mendapat ruang-ruang aktifitas yang fungsional menjadi  acuan desain desain yang membedakan kedua ruang tersebut.

Dengan renovasi menggabungkan 2 rumah ini sang pemilik menginginkan kesan rumah  yang kompak dan ruang-ruang di dalamnya disesuaikan dengan kebutuhan keluarga mereka masing-maslng. Kebutuhan setiap keluarga ini untuk mendapatkan ruang-ruang aktivitas yang fungsional menjadi acuan desain untuk menggabungkan 2 rumah tersebut.

Kesamaan diterapkan pada rumah melalui organisasi ruang yang mengacu pada “poros” tengah bangunan sepertr area foyer “terbuka” yang dgceruntukkan sebagar area tamu, taman yang mengelilingi ruang keluarga, sirkulasi vertikal di tengah rumah, kamartamu d lantar dasar, area servrs dan garasi d depan rumah.

Semua ini tedihat “kembar dan simetrisl’Walaupun mirip secara fislk namun perbedaannya terasa di dalam rumah yaiiu di kamar tidur keluarga Wandi yang dlprogramkan menghadap ke depan rumah. Begitulah cara menggabungkan 2 rumah ala keluarga lemmy yang bisa menjadi referensi bagi pembaca dan semoga bisa di terapkan untuk renovasi dengan menggabungkan 2 rumah anda.