Praktis Menambah lantai kayu untuk loteng

Pemahaman struktur dan material memudahkan Anda memperluas bangunan dengan membangun mezanin dan lantai kayu loteng. Meningkat rumah terbilang mahal dan cukup merepotkan. atap mesti dibongkar, buat pondasi baru, mengecor lantai, dan banyak lagi pekerjaan yang harus dilakukan.

Ada cara yang lebih mudah. Anda tidak harus melewati seluruh proses yang merepotkan dan makan waKu itu. Caranya dengan menambah satu lantai kayu untuk loteng lagi di antara lantai dan plafon, atau biasa disebut mezanin. Proses ini dapat dilakukan tanpa membongkar atap. Syaratnya, Anda memiliki plafon yang tinggi. Minimal 5m.

Pemikul beban

Membuat mezanin dapat dilakukan dengan membangun struKtur baru atau memanfaatkan dinding eksisting sebagai penopang mezanin. Sebelumnya, Anda perlu mengecek kondisi eksiting bangunan, Mulai dari fondasi, dinding, kolom, hingga balok. “Hitung dulu beban dan tentukan fungsi ruangnya,” kata Arif Rachman,  “Selain itu, kita juga perlu mengecek fondasi dan struktur.

Dari perhitungan ini kita bisa menentukan apakah kita butuh suntik kolom atau cukup memanfaatkan dinding.” Jika fondasi serta dinding eksisiting cukup kuat, mezanin dapat dibangun di atas dinding itu dengan hanya menambah balok struktur saja. Baik dengan cor beton maupun dengan balok baja yang disusun di atas dinding.

Alternatif lain adalah dengan memasang balok baja ke dinding menggunakan dynabolt. Arif menambahkan, jika menggunakan dinding sebagai struktur, akan repot melakukan perubahan tata ruang di kemudian hari. Membongkar dinding di bawah mezanin akan memaksa membongkar mezanin pula. Jika ada kemungkinan akan melakukan perubahan tata ruang, sebaiknya Anda membuat struktur baru.

Mezanin dapat tetap berdiri sekalipun dinding di bawahnya dibongkar. Membangun mezanin dengan membuat struktur baru pada prinsipnya sama dengan meningkat rumah. Perlu membuat ,fondasi, kolom, balok, dan lantai, Anda bisa menggunakan beton atau besi sebagai pilihan material untuk struktur. Jika dilihat dari biaya, perbedaan kedua jenis material ini tidak signifikan. Akan tetapi penggunaan baja jauh lebih hemat waktu ketimbang beton konvensional. Pembuatan mezanin diawali dengan membuat fondasi baru.

Sebelum membuat kolom, dinding terlebih dahulu dibelah persis pada titik kolom yang akan dibuat. Kolom kemudian dicor pada bagian dinding yang telah dilubangi itu, lalu diplester. Hasilnya rapi, Tidak ada bagian kolom yang menonjol keluar dan membuat dinding tak rata. Kolom yang dibuat tebalnya tak lebih dari ketebalan dinding (1 5cm). Jika menggunakan baja untuk kolom, baja yang digunakan sebaiknya WF 125×175 atau WF 125×150 yang ukurannya tak lebih tebal dari dinding.

Kantilever atau portal

Struktur yang mendukung mezanin dapat berupa struktur kantilever atau struktur portal. Tergantung pada kebutuhan, kondisi ruang, serta desain yang ingin dicapai. Pada struktur kantilever, beban disalurkan pada balok dan kolom yang terdapat hanya pada satu sisi mezanin. Biasanya kolom ditanam di dinding sehingga dinding terlihat rapi. Dengan struktur kantilever, tampilan yang diperoleh lebih ringan.

Mezanin terlihat melayang tanpa kolom yang mengganggu ruang di bawahnya. Konsekuensi dari pemilihan struktur kantilever adalah lebar bentang mezanin terbatas. Biasanya tak lebih dari 2,5m. Fungsi ruangnya juga jadi terbatas. Misalnya untuk ruang baca atau ruang kerja saja. Ukuran fondasi pada struktur kantilever relatif lebih besar dibandingkan fondasi pada struktur portal. Untuk pengaku, mezanin kantilever dapat diperkuat dengan slang baja. Pada struktur podal, beban disalurkan secara merata pada kolom yang ditempatkan di dua sisi mezanin.

Biasanya ada empat titik kolom. Penempatannya ditanam pada dua bidang dinding yang berada di bawah mezanin. Penyaluran beban yang merata pada struktur podal memungkinkan mezanin dibuat dengan ukuran yang lebih luas. Tanpa perlu khawatir lantai melengkung atau goyang dan memungkinkan fungsi ruang yang lebih banyak.

Ragam material lantai

Perlu waktu sekitar 14 hari – 21 hari untuk menunggu proses pematangan lantai cor beton. Proses itu bisa dipersingkat dengan menggunakan material lantai fabrikasi, misalnya pelat lantai beton pracetak, keramik komposit, pelat metal, atau papan semen. Material lantai itu juga bisa menghemat penggunaan bahan bangunan. Pelat lantai metal misalnya. Dibandingkan dengan cor beton konvensional, pelat lantai metal bisa menghemat penggunaan beton hingga 20%.

Proses matang beton juga lebih cepat. Keuntungan yang sama juga diperoleh jika Anda menggunakan pelat lantai beton pracetak. Selain itu, dengan beton pracetak, lantai bisa dibuat hanya dalam waktu seminggu. Material lantai lain yang cukup umum digunakan adalah keramik komposit beton. Bentuknya seperti blok tanah liat kecil berlubang, yang dirangkai menjadi modul-modul panjang yang berfungsi sebagai pelat lantai.

Proses perakitan material hingga pengecoran lantai dengan keramik komposit beton hanya perlu waktu sekitar 5-7 hari. Membuat mezanin mungkin bisa jadi solusi untuk kebutuhan tambahan ruang Anda. waktu lebih singkat dan lebih hemat.