Model dan desain dari lantai Beton Cetak yang Praktis dan Estetis

Sebagai area untuk menyimpan, merawat, memandikan, dan mereparasi mobil, lantai carport beton selain dipilih yang tidak licin, juga harus kuat. Salah satu materialnya adalah beton cetak. beton cetak merupakan salah materiaI alternatif lantai carport yang kini mulai banyak digunakan Konstruksinya yang kuat dan permukaan yang kasar, menjadi salah satu alasan pemilik rumah memilihnya.

Selain memenuhi persyaratan teknis, lantai carport beton cetak juga memiliki keunggulan dibanding material lantai lainnya, seperti keramik atau beton. Pertama, harganya yang murah dan proses pemasangannya cukup mudah dan cepat. Kedua, jika terjadi kerusakan pada saLah satu bagian material lantai, tidak perlu membongkar dan mengganti seluruhnya, tetapi cukup mengganti bagian yang rusak saja. Dan yang ketiga, beberapa jenis beton cetak dapat dibentuk menjadi beberapa pola yang cantik.

Grass Block dan Paving Block

Berdasarkan sifatnya, model carport beton cetak terdiri dari 2 jenis, yaitu gross block dan poving block. Gross block merupakan batu cetakan yang bagian tengahnya berongga. Sedangkan poving block tidak berongga atau padat. Kedua jenis material beton cetak ini cocok digunakan untuk rumah bergaya apapun. Keduanya merupakan materiaI ramah lingkungan karena memiliki kemampuan menyerap air. Gross block merupakan materiaL yang paling populer untuk perkerasan yang berumput.

Lubang-lubangnya dibuat sedemikian besar agar rumput dapat tumbuh di dalamnya. Gross block memiliki sebuah modul yang akan membentuk suatu kesatuan pola kotak-kotak diagonaI apabila dipasang dalam jumlah banyak. Satu modulnya berukuran 4O cm x 20 cm, dengan ketebalan bervariasi: 6 cm,8 cm, dan l0 cm. KetebaIan yang pertama digunakan untuk area berbeban ringan, misalnya jalan setapak atau area jemur. sementara ketebalan yang lebih besar untuk tempat yang berbeban berat, seperti parkiran mobil. Mengaplikasikan gross block memberi beberapa keuntungan dibanding poving block.

  • Rumah menjadi lebih sejuk dengan adanya rumput, karena rumput dapat menyerap sebagain besar sinar uttraviotet dan menyerap panas, sehingga tidak memantuI pada bangunan dan menghasilkan oksigen tambahan.
  • Lantai gross block menjadi elemen dekoratif untuk lahan di sekitar rumah. jika pola yang dibentuk bisa cukup menarik, maka dapat menghadirkan nuansa yang lebih indah di area carport daripada keramik atau perkerasan lain.
  • Area gross block menjadi area penyerapan air di sekitar rumah, sehingga dapat mengurangi air cucian mobil terbuang ke saluran got di depan rumah. HaI ini juga sebagai kiat untuk menjaga kuantitas air tanah di lingkungan kita

Grass Stone

Material perkerasan ini merupakan pengembangan dari gross block yang sudah lama dipasarkan. Disebut “stone”, karena bentuknya memang mirip dengan batu alam yang bertekuk-tekuk tak beraturan. Bahan dasarnya masih sama, yaitu campuran semen dan pasir. Selain itu, gross stone tersedia dalam berbagai warna, seperti merah, hijau, kuning, hitam, dan warna dasar poving yang keabuan. Satu moduI gross stone yang berukuran 40 cm x 40 cm terdiri dari beberapa buah “batu” dengan bentuk yang berbeda. Antara satu modul dengan moduI lain memiliki bentuk batu yang berbeda-beda. lni agar ketika modul- modul itu disatukan, tidak terjadi pengulangan pola. Dengan begitu, desain carport beton gross stone dapat lebih mendekati batu alam asli.