Menyederhanakan Denah Rumah Dengan Renovasi Kamar Tidur Anak

Rumah Ibu Susanti sebelumnya telah direnovasi dengan menambahkan ruangan- ruangan baru di sisa tanah yang ada. Karena anggota keluarganya bertambah, ia memerlukan renovasi kamar tidur anak, ruang shalat, dan ruang servis yang terpisah dari ruang-ruang utamanya. Masalahnya adalah denah rumah saat ini tidak terorganisasi dan tidak memiliki aliran udara yang baik sehingga rumah menjadi terasa pengap dan panas.

PEMECAHAN

Mengingat Ibu Susanti memiliki tiga orang anak, langkah pertama adalah menyediakan ruangan yang cukup terbuka untuk aktivitas keluarga, terutama apabila anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan fisik. Untuk itu, perlu adanya ruang keluarga yang bisa menampung seluruh keluarga. Ketiga ruang tidur anak bisa berada di lantai 2. Selain ruang tidur utama, seluruh ruang bersama bisa berada di lantai 1. Untuk mengolah ruang menjadi lebih luas, ruang keluarga dan ruang makan bisa dijadikan satu.

Ruang tidur utama bisa diperluas dengan menggeser dinding pemisah ke arah ruang tamu sejauh 2 m. Sisa ruang yang ada dibagi dua untuk ruang tamu dan dapur. Apabila diperhatikan, dalam menggeser ruang-ruang tersebut, struktur lama bangunan masih bisa dipertahankan. Dinding pemisah ruang tidur utama dan ruang tamu menyisakan l m dinding yang bisa dijadikan pintu masuk ke ruang tamu, sementara kolom di ruang tamunya bisa dijadikan dinding pembatas dengan ruang makan.

Posisi dapur yang berada di depan, menguntungkan dalam pemanfaatan sirkulasi udara, adanya pintu masuk di dapur membuat rumah memiliki dua akses terpisah. Mengingat kamar mandi lama yang ada di lantai 1 telah dijadikan kamar mandi pribadi,dan kamar mandi yang satunya dihilangkan untuk dimanfaatkan menjadi ruang shalat; maka perlu toilet/WC tambahan di lantai 1. Pertimbangannya anggota keluarga atau tamu yang harus ke kamar kecil, tidak perlu masuk ke ruang tidur utama atau ke lantai 2.

Lantai 2, dapat digunakan untuk tiga ruang tidur anak. Sedangkan sisi kanannya disediakan untuk keperluan servis, mulai dari kamar tidur pembantu hingga ruang untuk mencuci, menjemur, dan menyeterika. Dengan demikian, kegiatan servis benar-benar terpisah dengan kegiatan, keluarga. Desain rumah yang modern dan simpel bisa dibuat lebih hangat dengan memberikan kisi-kisi kayu dengan pola horizontal yang juga berfungsi menyembunyikan tempat menjemur. Fungsional juga estetis.