Menambah Ruang Di Belakang Rumah Tanpa Mengubah Tata Ruang

Jika anda ingin menambah ruang tanpa mengubah ruang yang sudah ada, maka solusi berikut ini bisa anda coba. Bapak Rizky ingin menambah sebuah ruang tidur di halaman belakang sekaligus membuat dapur yang baik. Problem yang dihadapinya adalah ia tidak menginginkan bagian depan rumah dibongkar. Namun boleh menambah Ianlai di atas ruang-ruang lambahannya, sementara ia juga menginginkan rumah memiliki sirkulasi udara yang baik

PEMECAHAN

Halaman belakang seluas 21m-‘ l7x3m) masih cukup untuk ditam- bahkan sebuah ruang tidur dan dapur baru. Agar ruang tidur baru dan lama tetap bisa mendapatkan sirkulasi uda- ra dan sinar matahari yang cukup, per- lu adanya taman atau ruang terbuka. Namun karena terbatasnya lahan, ru- ang terbuka ini sebaiknya dimanfaat- kan untuk sirkulasi udara kedua ruang tidur tersebut. Jendela-jendela ruang tidur perlu dibuat sampai ke lantai untuk mengoptimalkan sirkulasi se- kaligus berfungsi sebagai pintu untuk keperluan merawat taman atau ruang terbuka ini.

Mengingat keterbatasan ruang yang ada, sementara Bapak Rizky lebih memerlukan penambahan ruang untuk ruang tidur, ia tidak keberatan apabila ruang tamu/ruang keluarga ini multifungsi dan dapat sekaligus digunakan untuk ruang makan. Maka, furnitur yang digunakan di sini juga diharapkan multifungsi tanpa mengurangi kenyamanannya. Sofa berbentuk l. Bisa dibuat sama tinggi dengan kursi, dan meja bundar dibuat setinggi meja makan.

Dengan demikian, digunakan sebagai sofa masih tetap nyaman, namun cukup tinggi untuk digunakan sebagai kursi makan. Agar dapur mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami, maka dak beton di atasnya yang berfungsi untuk ruang cuci, jemur, dan seterika diberi lubang atau void. Seluruh dak beton bisa ditutup dengan atap transparan dari bahan ringan seperti polikarbonat, plastik gelombang atau fiberglas.

Ketiganya masih memungkinkan sinar matahari masuk dan melindungi rumah dari hujan. Rumah mungil ini sangat sesuai apabila , diberi sentuhan modern dan simpel untuk arsitekturnya. Dengan memberi warna putih pada kusen-kusen dan Iisplang, rumah yang mungil ini akan lebih berkesan “megah”.