Memilih Keramik Dinding Untuk Kamar Mandi, Dapur atau Teras

salah satu fungsi keramik yaitu sebagai pelapis akhir pada dinding. pemakaian keramik dinding memberi manfaat antara lain bersih, hygienis dan mudah perawatannya. Beberapa area ditata pada sebuah bangunan sering kali tidak bisa dihindari berada pada situasi lembap seperti kamar mandi. dapur. dinding bagian luar rumah atau dinding ruang dalam rumah sakit yang banyak bersinggungan dengan air untuk menjaga kebersihannya. Sifat keramik dengan lapisan giazur pada permukaan atasnya memiliki tingkat porositas mendekati sempurna sehingga mampu menahan resapan air ke dalam.

Selain itu sifatnya yang licin memberi kemudahan untuk kebersihannya. Memilih keramik dinding ada seninya karena harus disesuaikan dengan fungsi dan aplikasi pemakaiannya Selain itu karena prinsipnya sebagai pelapis yang sifatnya tidak struktural, maka tingkat kekerasan keramik untuk dinding tidak perlu setingkat dengan keramik dinding untuk teras. Seperti pembahasan sebelumnya ada istilah single firing dan double firing untuk proses pembuatan keramik yang menggambarkan proses pembakaran yang dialami oleh bahan baku keramik Pada saat kali proses pembakaran keramik yang dihasilkan tingkat kekerasan keramik yang tinggi sehingga lebih banyak diaplikasikan pada Iantai Sebaliknya proses pembakaran dengan suhu rendah dan bertahap yang dialami oleh keramik double tiring menghasilkan keramik yang tingkat kekerasannya lebih rendah.

Jenis kedua inilah yang paling sering digunakan untuk membuat produk keramik dinding. Keramik dinding pada umumnya dibuat dengan ukuran yang berbeda dengan keramik lantai. Jika pada umumnya keramik lantai dibuat bujur sangkar maka keramik dinding dibuat persegi memanjang Selain sebagai pembeda visual. efek yang ditimbulkan dari pemasangan pada dinding secara horisontal atau vertikal memberi efek psikologis memperlebar atau mempersempit ruangan. Dari segi asmara. keramik untuk pemakaian dinding dilengkapi dengan aksesori seperti listelio dan relief.

Listelio memberi aksen pada bidang tapi atau memisahkan dua jenis keramik yang berbeda. Misalnya pada aplikasi kamar mandi. penempatan listella biasanya memisahkan sepertiga bagian dinding di bawah dengan dua pertiga bagian atasnya. Sedangkan pada dinding dapur penempatan aksesori lebih fleksibel dalam bentuk relief dinding sesuai dengan tema. mengkombinasi dua jenis keramik persegi yang disusun suara berseling seperti papan catur serta menggunakan Iistella pada posisi batas bersinggungan dengan lemari kabinet.

Untuk keramik dinding biasanya dipilih keramik yang permukaannya berglazure dari kilap karena karakter ini memudahkan proses pembersihannya Dinding dapur misalnya seringkali beresiko terkena cipratan minyak dan kena uap yang mengandung lemak sehingga menyebabkan permukaannya kusam dan berlemak. Dengan menggunakan cairan sabun yang dicampur dengan air hangat permukaan keramik berglazure sudah cukup efektif membersihkan kotoran tersebut Produk keramik dinding dewasa ini sudah lebih bervariasi. Salah satu produsen keramik dinding yaitu DeBe keramik yang memiliki keragaman yang cukup dapat diandalkan.

Base life untuk keramik dinding dilengkapi dengan listello untuk menyempurnakan penampilan dinding dari segi estetika. Desain keduanya dirancang senada dan disesuaikan dengan desain keseluruhan bangunan. Listello berukuran 5 cm x 25 cm diaplikasikan pada dinding kamar mandi untuk memisahkan kombinasi dua warna base tile yang berbeda Gradasi warna tua pada bagian bawah sedangkan warna yang lebih terang pada bagian atasnya. Motif dan pola gambar listelio yang meniadakan keduanya mewakili karakter warna keduanya Padanan cantik ini menjadi salah satu; inspirasi yang dapat diaplikasikan pada keramik dinding untuk kamar mandi.