Membuat Konsep Pencahayaan yang Tepat

Jenis lampu yang dapat digunakan pada ruangan ini bisa lampu duduk, downlights, dan angle downlight. Penempatan yang tepat untuk setiap jenis lampu adalah empat buah downlight yang dipasang simetris pada ruang 6 x 4 m ini sebagai penerangan keseluruhan ruang. Dua buah lampu duduk dapat diletakkan di meja pendek d:sisi sofa tiga/dua dudukan, di samping /di belakang single sof a untuk membaca atau di atas meja kerja. Sebagai tambahan, dapat ditempatkan pada langit-langit beblerapa angle downlight dan track spotlights yang dapat menambah iluminasi cahaya di tempat-tempat tertentu.

Sebaiknya, pencahayaan Anda dilengkapi dengan dimmer (alat pengatur intensitas cahaya) untuk mengatur intensitas cahaya yang keluar. Bila ruang keluarga Anda dilengkapi TV, Anda dapat mengecilkan intensitas cahaya lampu jika ingin menonton agar cahaya yang keluar dari TV Anda jelas terlihat. ruang makan, biasanya membutuhkan lebih dari satu Iampu gantung kecuali ada tambahan downlight. Yang paling tepat adalah menggunakan lampu gantung yang bisa dinaikkan atau diturunkan sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda menginginkan suasana yang lebih intens dengan pencahayaan yang lebih clekat ke makanan Anda dapat menurunkan lampu dan sebaliknya lampu dapat dinaikkan untuk mendapatkan cahaya yang lebih luas. Keluarga masa kini sudah banyak yang mendesain dapurnya lebih lengkap dan nyaman sehingga berbagai kegiatan yang dilakukan seperti memasak, makan, berkumpul, mengerjakan hobi dan lain-lain kegiatan dapat diakomodasikan disini. Oleh sebab itu, pencahayaan yang dibutuhkan harus kuat dan terang agar bisa terlihat jelas semua kegiatan.

Jenis lampu seperti apakah yang cocok ? Spot lights, sangat ideal digunakan untuk dapur berukuran kecil karena cahaya langsung menerangi area tlnpa memlleri efek bayangan sehingga objek yang disinari jelas terlihat. Lampu pijar dan lampu TL yang biasa kita gunakan sehari hari juga merupakan sumber cahaya yang baik untuk menghasilkan cahaya yang terang di dapur tetapi kurang efektlfjika dipasang di tengah ruang, karena kurang mampu Tnenerangi langsung sebuah objek dengan jelas