Melebarkan View Mengalirkan Cahaya pada desain rumah modern

Desain rumah modern natural Tanpa sekat, banyak jendela, membuat ruang dalam terang dan banyak udara. kalau Anda mampir ke rumah Subekti Eko dan Rufaidah Husni, Anda bakal mendapatkan pengalaman ruang yang berbeda. Ruang- ruang di lantai dasar, misalnya. Seluruh ruang terasa lapang, terhubung satu dengan yang lain.

Subekti Eko dan Bufaidah Husni membuat ruang terbuka untuk memberi kesan luas ruangan sekaligus memperlebar view. Jika berada di sana, Anda dapat memandang ke seluruh ruangan. “Saya berdua dengan istri yang mendesain rumah ini,” ujar Endro, sapaan akrab Subekti Eko. Mereka luga memilih dan menempatkan furnitur sesuai dengan fungsi ruangnya.

Ganti cat, pasang aluminium

Sebelum direnovasi, desain rumah modern mewah Endro tidak seindah sekarang. Kurang menarik. Fasad rumah terlihat kusam. Susunan ruang di dalam rumah tidak teratur. Menurut Endro, dinding rumah ini semula berwarna cokelat layaknya rumah tahun 1980-an. la lantas mengubahnya dengan warna putih keabuan agar serasi dengan model furnitur yang ada.

“Saya yang mendesainnya sendiri,” kata Endro, yang bukan berprofesi arsitek. Endro mengaku belajar mendesain rumah dari buku dan majalah arsitektur. Selain mengubah cat, ia mengganti kusen kayu dengan aluminium. Sebelumnya, kusen kayu tersebut dimakan rayap. Tidak mau terulang, Endro menggunakan aluminium untuk semua kusen. Aluminium jelas lebih kuat, tahan karat, dan tidak rusak dimakan rayap. Susunan ruang di lantai dasar tidak banyak diubah.

Menurut Endro, di lantai dasar hanya ada satu kamar tidur. Sisanya adalah ruang tamu dan ruang keluarga. Di ruang tamu, Endro mengubah letak pintu yang semula di sisi barat kini bergeser sekitar 3m ke sisi timur. Cara ini untuk mempermudah Endro memasuki rumah memarkir kendaraan di carport. Antara ruang tamu dan ruang keluarga tidak terdapat sekat sehingga suasana ruangnya terbuka. Bagi Endro, ruang terbuka seperli itu dapat menampung acara keluarga atau pengajian yang melibatkan tetangga rumah.

“Saya sering mengadakan acara keluarga sehingga tinggal menggeser kursi dan meja saja jika ada acara tersebut,” kata lda panggilan akrab Rufaidah Husni W. Ruang tamu berukuran 4,8mx3,6m berseberangan dengan ruang keluarga. Di ruang tamu tersebut terdapat jendela sekaligus pintu lebar untuk jalan masuk cahaya dan udara. Pintu jendela menggunakan sistem geser dengan rel double. Ruang keluarga tidak banyak diubah. Endro hanya rnemasang TV LCD dan lukisan ke dinding. Lukisan tersebut dipasang lampu sorot khusus.

Pantry dan tangga kantilever

Di lantai dasar terdapat pantry yang menyatu dengan ruang makan. Masing- masing ruang tidak dibatasi oleh sekat atau tembok lazimnya susunan ruang di rumah biasa. Endro menempatkan pantry sekaligus ruang makan untuk menghemat tempat. Juga, tempat kumpul alternatif seluruh anggota keluarga. Endro membuat pantry dengan meja dua fungsi. Satu fungsi untuk mewadahi kegiatan memasak, satu fungsi lainnya sebagai meja minibar.

Di meja dapur terdapat kompor tanam dan cooker hood yang terbuat dari stainless steel Sedangkan di area meja bar, Endro menempatkan dua kursi bar dari kulit berwarna cokelat tua. Jika berada di ruang makan, Anda akan melihat tangga kantilever. Tangga ini terkesan melayang, namun cukup kokoh untuk dipijak. Endro ingin memberi kesan modern pada tangga yang biasanya tampil biasa. Sebelum di area ruang makan, tangga berada di antara ruang makan dan ruang keluarga.

“Saya memindahkan letak tangga agar dapat mendapatkan ruang yang luas dan lapang,” ujar Endro yang membuat railing kaca untuk menjamin keamanan. Tambah kamar Di lantai atas, Endro melakukan pengembangan ruang. Semula dua kamar, kini bertambah menjadi tiga kamar. Seluruh kamar menggunakan jendela aluminium yang tahan karat dan mudah dirawat. Selain jendela, masing- masing kamar menggunakan lantai parket kayu solid.

Endro mengolah kamar utama sekaligus ruang kerja. ltulah alasan mengapa, di bagian depan kamar terdapat ruang kerja dengan jendela besar. Dari sini, Endro dapat memandang ke arah lantai dasar. Di kamar anak, Endro mengolah dinding yang polos dengan menggunakan wallcover corak bunga dan warna merah muda. Pilihan corak ini disesuaikan dengan keinginan sang anak. Kini, Endro merasa senang dengan kondisi rumah. Selain suasana ruang yang berubah, kondisi luas bangunan pun bertambah hampir dua kali lipat. Semula luasnya hanya 175m’: menjadi 300 m’