Kriteria Untuk Menerapkan Pencahaan Pada Kamar Tidur

Pencahayaan pada ruang tidur lebih mudah direncanakan dari pada pencahayaan area lain yang membutuhkan pengkondisian sesuai dengan waktu dan kebutuhan. Ada beberapa kriteria sebagai pertimbangan untuk menerapkan pencahayaan di ruang tidur. Syarat utama pencahayaan di ruang tidur adalah pencahayaan yang baik untuk berdandan (memoles wajah dan mematut baju) di depan kaca dan pengaturan cahaya untuk membaca yang dapat dikonlrol dari tempat tidur.

Pada umumnya, downlight halogen dapat memberikan pencahayaan terbaik pada seluruh ruang tidur. Untuk ruang tidur kecil, empat downlight yang d i kombinasi kan dengan up lighter ( Iampu yang menyorot ke atas), sudah mampu menerangi ruang dengan baik. Lampu duduk yang ditempatkan pada nakas di samping tempat tidur berguna untuk penerangan membaca bila salah satu pasangan (suami atau istri) tidak ingin terganggu tidurnya.

Sebagai alternatif lampu tidur selain lampu duduk adalah lampu yang dipasang pada dinding di atas kepala tempat tidur. Tetapi jangan {upa, penempatan tombolnya juga harus mudah dijangkau. Jika Anda tidak punya ruang ganti baju, minimal Anda punya kaca untuk berdandan. Penempatan lampu yang tepat adalah di samping kaca bukan di belakang atau didepan kaca, karena cahaya harus mampu membuat muka kita terlihat.jelas. Pencahayaan lemari baju juga diperlukan agar Anda tak salah memilih warna baju yang dikehendaki.

Pencahayaan di ruang umum. Perkantoran dan pusat perbelanjaan merupakan salah satu contoh fasilitas umum yang menggunakan manfaat pencahayaan untuk menunjang kegiatan. Pada pusat perbelanjaan, berbagai jenis pencahayaan dan bermacam-macamlenis lampu digunakan untuk menampilkan kesan yang atraktif sehingga mengundang pembeli untuk berkunlung dan membeli. Lain halnya dengan gedung perkantoran yang umumnya mengggunakan lampu TL. Mengapa ? Karena lampu TL lebih efisien mengeluarkan intensitas cahayanya walaupun harganya lauh lebih mahal daripada lampu prlar. Selain itu, cahaya putih yang dikeluarkan TL memberi kesan formal dan dingin sesuai dengan kebutuhan suatu kantor. Apakah Anda telah menerapkan sistem pencahayan yang baik di rumah Anda ?