Keindahan Hunian Bisa Dilihat Dari Fasad

Untuk itu kita perlu mengetahui kondisi hunian yang berpengaruh pada desain pencahayaan, Keadaan fisik bangunan ini mencakup tinggi bangunan, ukuran atap, Iokasi dan pipa kabel listrik dalam sistem elektrik bangunan, warna dan tekstur bidang permukaan, lokasi dan orientasi jendela, juga detail ornamen yang menjadi aksen. Berdasarkan perhitungan dari kondisi hunian dan suasana yang ingin diciptakan, kita dapat mulai memilih jenis lampu yang sesuai dengan kegiatan di luar bangunan. Jenis lampu yang paling sering dipakai untuk menerangi fasada hunian adalah spotl ight dengan beragam ukuran.

Kita juga perlu mengantrsipasi penyelenggaraan acara diluar hunian, seperti memanggang makanan saat pesta kebun atau sekadar berkumpul bersama kerabat dan keluarga. Untuk mengakomodasi kebutuhan rni, kita dapat memasang beberapa buah lampu berdiri yang dapat dipindah-pindah letaknya sesuai dengan keperluan. Untuk jenis kegiatan sehari hari, seperti bersantai atau membaca di teras. kita dapat memasang sebuah lampu gantung atau sepasang lampu tempel di dinding.

Selanjutnya, krta harus memperkirakan letak lampu yang sesuai namun tetap estetis. terutama jenis lampu yang harus dipasang secara tersembunyi. misalnya, spotlight yang menyorot dinding muka bangunan dapat disembunyikan di dalam guci, yang sekaligus berfungsi sebagai ornamen taman. Selain ltu, lampu sorot berukuran kecil yang menerangi jalan setapak dapat ditanam dl dalarn tanah, sehingga cahayanya tidak menyilaukan orang yang berjalan di sekitar sumber cahaya tersebut.

Kita juga dapat memilih lampu yang memberi efek tertentu misalnya lampu yang memiliki filterdapal menghasilkan cahaya dengan warna tertentu, sehingga menciptakan suasana berbeda. Salah satu jenis lampu, yang cara kedanya seperti proyektor, bahkan dapat memproyeksikan gambar gambar tertentu pacia dinding. Selain itu, penerapan teknologi automatisasl pada sistem tata lampu dapat mempermudah kita mengatur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, kita dapat menggunakan dimmer untuk mengurangi intensitas cahaya dari lampu, seperti cahaya terang untuk membaca dan cahaya temaram untuk diskusi di teras. Selain itu kita bisa juga memasang switchingsystemuntuk menggonta gantilampu saat pesta kebun. Terakhir, kita perlu memilih lampu yang hemat pemakaian energi listriknya dan lama pemakaiannya Selanjutnya, biarkan lmajinasi dan kreativitas kita membentuk konsep pencahayaan yang menjadi lmpian.