Hal Ini Penting Diperhatikan Dalam Merenovasi Rumah Minimalis

Dalam merenovasi rumah minimalis beberapa hal berikut ini perlu Anda perhatikan:

Struktur

Apabila renovasi yang ingin dilakukan tidak mengubah total bangunan semula, usahakan untuk memanfaatkan sebanyak mungkin struktur yang ada. Kalau harus membuat bangunan menjadi bertingkat, struktur lama bisa diberi penguat untuk menopang lantai yang Iebih berat.

Fondasi

Fondasi merupakan landasan atau dasar bangunan yang paling utama. Semua beban dari bangunan dipikul oleh fondasi. Apabila dalam renovasi rumah minimalis dibuat dinding baru, sebelum membuat dinding, harus dibuat dulu fondasinya dengan cara menggali tanah. Kedalaman fondasi bergantung pada beban yang akan dipikulnya. Untuk mengetahui kedalamannya, diperlukan orang yang ahli dan berpengalaman dalam menghitungnya. Apabila di atas dinding lama hendak dibuat dinding baru (untuk membuat bangunan bertingkat), Anda perlu memperkuat fondasi. Caranya adalah dengan membuat galian di sekeliling fondasi dan menambahkan fondasi plat beton bertulang untuk perkuatannya.

Sloof atau Balok Lantai Dasar

Sloof atau balok lantai dasar terletak di atas fondasi. Berguna untuk mengikat fondasi dan kolom-kolom serta sebagai rangka dasar dinding.

Kolom

Kolom atau tiang biasanya berada di pertemuan dua buah dinding, atau berada di setiap 3 meter dari panjang dinding. Fungsinya untuk membuat dinding menjadi kuat dan kaku. Seperti halnya fondasi, penambahan dinding untuk lantai bertingkat harus pula disertai perkuatan kolom ini. Caranya dengan menambah rangka besi beton dan ukuran dimensi kolom.

Balok Ring dan Balok Lantai

Balok ring dan balok lantai merupakan pengikat kolom-kolom dan dinding bagian atas. Untuk lantai bertingkat, sekaligus sebagai penguat atau pegangan lantai itu sendiri. Balok ring letaknya di bagian atas dinding dan mengikat kolom satu dengan lainnya, sedangkan balok lantai bisa berdiri sendiri membagi balok ring menjadi ukuran-ukuran tertentu. Apabila Anda menambah lantai menjadi bertingkat, apa pun jenis konstruksi lantainya, balok lantai harus dibuat untuk penopangnya. Ukuran atau dimensi balok lantai juga bergantung pada jenis bahan dan beban lantai yang ditopangnya

Rangka Atap

Material dan konstruksi rangka atap bisa bermacam-macam. Perubahan bangunan bisa mengubah total konstruksi atap rumah. Penentuan jenis konstruksi dan materialnya bergantung pada desain dan ketersediaan biaya yang Anda miliki.

Arah Mata Angin

Arah mata angin perlu diketahui karena dapat menentukan orientasi dan bukaan-bukaan dari rumah untuk mendapatkan sirkulasi udara dan sinar matahari yang maksimal. Dengan mengetahui mata angin, penataan ruang bisa dimaksimalkan, seperti menentukan arah bukaan dan letak ruang jemur. Di samping itu, arah mata angin perlu diketahui untuk menentukan posisi ruang ibadah di dalam rumah agar bisa mendapatkan posisi yang mulia dan terbaik.

Utilitas

Untuk bisa mendapatkan renovasi rumah minimalis yang benar-benar efisien, tentunya perlu dilakukan penghematan biaya. Utilitas bangunan semula dapat diupayakan untuk tetap dipertahankan sehingga tidak perlu membongkar atau membuat utilitas baru. Yang dimaksud dengan utilitas adalah .

  • Jalur kabel-kabel listrik, termasuk di dalamnya adalah kabel telepon dan kabel televisi (antene televisi maupun jaringan televisi kabel atau parabola) .
  • Jalur pemipaan air bersih, air hujan, air kotor, dan air tinja berikut septic tank

Menentukan Anggaran

Biaya untuk merenovasi rumah minimalis bergantung pada dana yang dimiliki. Hanya Andalah yang mengetahui berapa banyak renovasi yang perlu dikerjakan yang sesuai dengan dana vang tersedia. Untuk mengetahui berapa banyak biaya atau dana yang harus dipersiap- kan, atau bagaimana membatasi dana untuk renovasi, Anda bisa membuat kalkulasi atau perhitungan berdasar- kan luas bangunan (dalam meter per- segi). Caranya dengan menghitung luas lantai kebutuhan ruang yang hendak direnovasi, termasuk ruang lama yang tidak berubah. Jumlah ruang dikalikan dengan estimasi pekerjaan membangun rumah saat ini. Untuk saat ini, biaya membangun rumah adalah sekitar Rp 1.500.000 sampai Rp 2.000.000 untuk kualitas baik.

Pra Penghitungan Biaya

Luas bangunan semula rumah adalah 45 m2. Untuk renovasi  rumah minimalis diperkirakan luas rumah akan menjadi 150 m karena ruang atau struktur Iama dianggap berubah atau mengalami penambahan. Jadi sebaiknya dihitung juga. Maka, biaya yang diperlukan adalah .150 x 1.500.000 = Rp 225.000.000. Biaya ini dianggap sebagai batas mini-mum dana yang harus disediakan karena ada kemungkinan terjadi penambahan-penambahan sewaktu melakukan renovasi. Untuk menghitung biaya agar lebih akurat dan bisa mengurangi anggaran seandainya perkiraan renovasi ini ter-lalu mahal, diperlukan penghitungan luas ruang secara lebih detail. Penghi-tungan kebutuhan ruang secara Iebih terperinci akan dijelaskan pada bab selanjutnya.