Furnitur tepat untuk desain rumah paviliun minimalis

Mirip paviliun karena posisinya disamping rumah induk. walau terhimpit terasa nyaman. Desain rumah paviliun Yohanes dan istrinya menarik jadi inspirasi. Rumah ini seperti paviliun karena merupakan bagian dari rumah induk seluas 75m’?. Sisi ruang lain di rumah ini ditempati ibu dan adik Yohanes. Antara ruang yang ditempati Yohanes dan istri serta ibu dan adiknya dibatasi dinding masif. Jadi, walau menyatu, rumah Yohanes itu mandiri. Tempat tinggal Yohanes seluas 40m2.

Bangunannya meman- jang. ruang utama, contohnya, berukuran 2,7mx8,8m, yang difungsikan sebagai ruang keluarga sekaligus ruang tamu, ruang makan, dan pantry. Terbayang, kan, ruang itu sempit dan sesak. Namun ternyata tidak demikian. Di ruang keluarga, misalnya, ditempatkan bench yang panjang, 34Ocm, dengan lebar 60cm dan tinggi 40cm. Ben- tuknya geometris dengan desain ramping. Bench ini ditempatkan di satu sisi, menempel ke dinding. Bench dilengkapi dengan meja berukuran 120cmx60cmx36cm. Ada lagi kabinet TV berukuran 210cmx50cmx40cm, yang diletak- kan menempel ke dinding di seberang bench. Penataan di ruang makan lebih menarik.

Konsep desain furniturnya vertikal, untuk menyiasati ruang terbatas. Meja makan bulat dan kursi bar yang mengisi ruang ini begitu ramping, dengan kaki meja dan kursi stainless steel. Ruang tampil atraktif dengan adanya niche dan panel cermin, juga serasa di kafe. Pantry juga simpel. Tempat memasak ini hanya diisi kitchen set single line dengan panjang 200cm dan lebar 50cm. Kamar tidur diisi ranjang kayu yang rendah serta meja rias dengan desain meja berkaki ramping dan lemari pakaian. Walau diisi dengan furnitur lengkap, kamar 4,3mx3m ini tak sesak, bahkan terlihat lebih lapang. Ruang juga indah dengan aksen merah dari panel akrilik yang diletakkan di samping ranjang. Suasananya pun bisa tampil eksotik karena diberi permainan pencahayaan dari lampu yang diletakkan di balik panel. Penasaran melihat ruang dan desain furnitur di rumah ini? Yuk, kita lihat!

Tersembunyi agar rapi

kerapian merupakan salah satu unsur keindahan. karena ingin rapi itulah, yohanes menempatkan beberapa barang dan area yang mengganggu di tepat yang tersembunyi. maksudnya, barang-barang diletakkan didalam lemari sedangkan ruang yang tak enak dilihat ditutup pintu geser. galon air minum misalnya agar tidak terlihat dari ruangan diletakkan dalam lemari. begitu pula ruang sisa yang belum direnovasi ditutup pintu geser. sebenarnya ruang ini berfungsi pula untuk ventilasi silang pada ruang utama karena memiliki void dan jendela besar. jadi sekali-sekali pintu pun digeser dan dibuka.

Desain Sederhana Furnitur Ramping

Sekalipun bangunan rumah berada pada lahan yang ‘terhimpit’, tapi interiornya terasa nyaman. Setiap ruang diisi furnitur berdesain ramping, sehingga ruang terlihat luas dan pergerakan terasa leluasa. Pemilihan furnitur yang tepat menjadi kekuatan dari interior rumah paviliun ini, Desain furnitur umumnya berbentuk persegi yang sederhana, walau ada yang bulat dan lengkung. Dimen- sinya proporsional mengikuti besar ruang. Inilah furnitur persegi yang ramping dan proporsional itu.

  1. Meja rias dari multipleks dengan finishing melamik. Meja dengan kaki ramping itu berukuran 16Ocmx15cmx50cm.
  2. Bench panjang berukuran 340cmx60cmx40cm ini bisa diduduki oleh lima orang, Ditempatkan menempel ke dinding. Materialnya multipleks finishing melamik, sedangkan dudukan- nya berjok busa yang empuk.
  3. Coffee table yang berkesan menumpuk dan melayang. Ukurannya 12Ocmx60cmx36cm. Meja putih yang menonjol berfungsi pula sebagai storage.
  4. Kabinet TV dari multipleks finishing melamik, yang masih menampilkan urat-urat kayu. Ukurannya 210cmx50cmx33cm.