Efek Dimensi Ruangan Akan Berkurang Jika Tidak Memiliki System Pencahayaan Yang Baik

Pencahayaan merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia, didalam rumah pencahayaan adalah hal yang muntlak di perlukan dan merupakan salah satu syaraf untuk menciptakan kondisi kehidupan kita lebih  nyaman dan lebih menarik. Peran pencahayaan sebenarnya lebih dari sekedar untuk dapat melihat di dalam suatu ruangan. Membuat pencahayaan yang baik di berbagai ruangan dalam rumah Anda, merupakan dekorasi yang atraktif sehingga mempunyai nilai tambah tersendiri.

Oleh sebab itu, pencahayaan yang baik dapat digunakan untuk menonjolkan sisr keindahan dari sebuah benda atau dapat pula menciptakan suasana tertentu pada sebuah ruang sesuai dengan yang diinginkan.  Jenis pencahayaan Ada beberapa sumber cahaya di dalam rumah yang dikenal masyarakat. Tetapi yang paling sering digunakan di rumah tinggal adalah jenis bohlam pijar dan TL.

Kedua sumber cahaya tersebut mempunyai efek psikologis berbeda. Cahaya warna kuning yang dikeluarkan bohlam pijar mengesankan hangat, intim dan informal, sedangkan TL mengeluarkan cahaya putih yang berkesan lebih formal dan dingin.  Cahaya lampu dapat mengeluarkan spektrum warna dasar sebuah benda yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu (MEJIKUHIBINIU) pada objek yang disinari. Di samping itu, cahaya juga mempunyai warna primernya sendiri seperti merah, hUau dan biru.

Jika ketiganya dicampur akan menghasiikan warna cahaya yang lebih muda. Menurut Benno Salinas, seorang pakar pencahayaan, cahaya mempunyai dua jenis warna yang dikeluarkan yaitu warna render dan warna temperatur. Cahaya watna render bisa mengeluarkan warna asli suatu objek yang disinari, sedangkan cahaya warna temperatur akan mengeluarkan warna lampu itu sendiri misalnya cahaya bohlam pijar adalah kuning dan cahaya TL putih.

Bagaimana peran cahaya di rumah tinggal ? Dan jenis lampu seperti apa yang tepat digunakan ?  Pencahayaan pada rumah tinggal Ruang tamu adalah tempat yang paling formal di dalam rumah. Ruang tamu biasanya hanya sekali-sekali sala dipakai untuk menerima tamu” Jadi lampu dihidupkan jika ada tamu saja. Lampu gantung dekoratif biasanya digunakan sebagai pencahayaan di tengah ruang tetapi kurang efektif untuk menciptakan suasana yang cozy. Kombinasi beberapa jenis lampu seperti lampu gantung dengan downlight yang dipasang pada langit-langit, hasil terangnya akan lebih baik. Pencahayaan sebagai aksen pun, seringkali digunakan pada ruangtamu atau foyerseperti lampu untuk menerangi lukisan dinding, patung atau tanaman tertentu yang ada di area ruang tamu.  Ruang keluarga Ruang keluarga adalah ruang yang paling sering digunakan dalam berbagai kesempatan.

Kegunaannya yang bervariasi seperti ruang untuk bersantai, ruang untuk menonton TV/hiburan, ruang untuk membaca dan ruang bermain anak menyebabkan pencahayaan di ruang keluarga harus direncanakan secara cermat baik sebagai pencahayaan dekoratif maupun untuk penerangan. Pendekatan yang paling baik untuk merencanakan pencahayaan pada area yang serba guna ini adalah Anda harus sudah dapat mengira-ngira dalam sehari ruang in akan digunakan untuk apa saja, Hal ini dapat memudah-kan