Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit Ukuran 2 Meter

Zen garden (taman Zeil merupakan salah satu desain taman yang sering diterapkan di Asia Timur khususnya Jepang yang dikembangkan berdasarkan falsafah Zen yang mengedepankan feeling (perasaan) dan kedamaian, Dry garden pada inner court dirancang dengan berbasis pada konsep zen. Meskipun berkesan minim tetapi dirancang secara terpadu dengan ruang-ruang dalam di sekitarnya.

Taman tidak hanya terfokus pada penataan tanaman bunga yang warna-warni dengan hijau dedaunannya saja. ada zen garden bebatuan dengan hamparan pasir putih yang ditata estetis dalam ruang kosong yang hening juga dapat mewakili gambaran kehidupan alam semesta. Bahkan ruang-ruang kosong tersebut menjadi bagian yang integral dalam desain sebuah zen garden.

Batu dan pasir merupakan karakteristik simbol zen yang memberi energi seperti halnya batu-batuan di alam. Batu menggambarkan elemen yang, sedangkan air menggambarkan elemen yin. Keseimbangan antara keduanya yin-yang memberikan gambaran harmonisasi kehidupan manusia di alam semesta. Susunan batu, pasir dan a r dalam dry garden (taman kering) decara harmonis melengkapi lnner court rumah tinggal Todd Elliott.

Bahan ini didesa unik dan berinteraksi dengan ruang-ruang dalam yang terbuka Penataannya berkesan menyatu dengan alam pantai yang tidak jauh dari rumahnya sehingga deru ombak laut terdengar sepanjang waktu. ¬†Keistimewaan lokasi rumah bergaya modern kontemporer ini merupakan inspirasi bagi Thorsten d’Heureuse, desainer yang mewujudkan konsep desain taman rumah minimalis dry garden tersebut dengan berbasis pada konsep Zen.

Desain taman minimalis di lahan sempit yang terbentuk diantara foyer dan ruang tamu sengaja dibuat terbuka dengan jeruji kayu di bagian atap untuk menjamin sirkulasi udara dari arah pantai mengalir lancar ke dalam rumah. Kolam air laut yang membatasi inner courl dengan ruang-ruang lainnya menjadi sistem penyokong (supporting system) yang menunjang suasana keseluruhan. Susunan batu kali yang tak beraturan bentuknya mengisi dan mendominasi setiap sudut pada inner court ini. Sebagian “berserakan” tak beraturan dan sebagian lagi terkumpul pada tepi dinding sehingga membentuk gradasi ketinggian yang bervariasi. Pasir putih pantai mengisi area di antaranya hingga menyambung dengan lantai di ruang dalam. Komposisi peletakan batu dan elemen lainnya dalam dry garden berkonsep zen ini diperhitungkan secara akurat sehingga terlihat artistik dan seimbang dari segala arah, Pasir putih mengimajinasikan kita pada air laut yang bening dan datar.

Desain taman depan rumah dengan konsep zen garden ini juga sangat cocok di terapkan , karena konsep zen dry garden dapat mebuat suasana menjadi lebih kering dan bersih tanpa harus menghilangkan kesan hijau pada sebuah taman. Di antara permukaan air laut itu muncul gundukan-gundukan batu yang menggambarkan gunung atau kepulauan yang menyembul menembus permukaan air laut.

Gambaran alam ini merupakan suatu bentuk dasar sebuah laman zen di Jepang karena negara ini terdiri dari pulau-pulau yang terpisah-pisah di antara samudra yang luas. Di antara batu-batu yang berbentuk artistik ini terdapat sebuah batu bundar yang memlliki cekungan di baglan tengahnya menyerupai bentuk sebuah lumpang penumbuk padi. Lubang senantiasa diisi air sebagai simbol keseimbangan batu dan air yang menggambarkan yin-yang. Air tersebut mempunyai peran yang besar terutama untuk menjaga kelembaban udara di dalam rumah.

Penampilan minimalis dry garden bukan berarti tanpa tanaman. Meskipun tidak dominan beberapa jenis tanaman dapat dikombinasikan untuk menonjolkan karakter batu. Selain disesuaikan dengan karakter batu jenis-jenis tanaman tersebut sering menggambarkan simbol-simbol tertentu yang ingin dikemukakan secara visual dry garden berkonsep zen ini memang terasa sangat sederhana , makna keindahan zen garden tidak hanya di rasakan secara visual saja tetapi panca indera turut merasakan kehadirannya.

desain taman ukuran 2 meter ini terdapat Parem waregu yang menggambarkan vegetasi dalam pantai dengan daunnya yang menjari meneduh area disekitarnya, Moss atau sejenis lumut yang menuiup permukaan tanah sebagai simbol vegetasi hijau dedaunan yang menutup permukaan suatu pulau. Vegetasi itu biasanya ditanam pada sudut-sudut batu yang terasa talam dan kaku.

Secara visual dry garden berkonsep Zen ini memang terasa sangai sederhana, Makna ke ndahan zen garden tidak hanya dirasakan secara visua sala tetapt luga semua panca ndera turut merasakan sensasi kehadirannya, Duduklah bersimpuh di atas sebuah batu lebar yang lekukannya nyaman, Pelamkan mata lalu rasakan sensas alarn mealu oemuruhnya deru ombak dan semilir yang angin laut yang menerpa tubuh. Kta akan mera sakan kedekatan dengan alarn dan Penciptanya, seperti yang senantiasa dilakukan oleh Todd di rumahnya yang teretak di sebuah desa yang masih sepi di tepi pantai d Bali.