Desain Taman Kering Dan Terbuka Dalam Rumah Minimalis

Warna merah dari kembang sepatu menjadi aksen yang menonjol yang menhiasi pintu samping yang menhubungkan tanam dengan ruang kelaurga  Kondisi fisik bangunan saat ini sama dengan ketika beliau menginjakkan kaki pertama kali di rumah ini pada tahun 1958. Warna cokelat kayu yang diterapkan oleh pemillk lama yang berwarga negara ltalia diubah catnya menjadi berwarna putih dengan listplang dan talang air berwarna hijau daun sehingga terlihat bersih dan ceria.

Selanjutnya tidak ada pengubahan berarti yang diterapkan pada bangunan utama, Wajah cantik rumah yang berada di sudut jalan ini menjadi semakin anggun dengan desain taman penuh bunga yang mewarnai wajah lama rumah bercat putih yang penuh kenangan itu. Sari mempraktekkan cara ibunya dahulu dalam menata rumah dan tamannya. desain taman minimalis dalam rumah oleh pemilik di setiap sudut ditata dengan benda-benda kesayangan yang dipadupadankan sehingga saling melengkapi.

Sejak dahulu Sari memang sangat menyukai tanaman hias bunga, Bunganya yang beraneka bentuk dan warna seakan-akan memberi semangat hidup yang tdak pernah pudar, Bunga-bunga yang dahulu populer seperti oleanden (Nertum oleander), kana (Canna indica), kembang sepatu (Hibiscus sp) dan Bougainvillea mewarna sudut-sudut tamannya. Secara bergiliran tanaman yang sudah tidak produktf diganti dengan tanaman baru yang lebih segar dan penuh bunga, dengan demikian sepanjang masa taman itu selalu terlihat penuh Dari luar keberadaan rumah dan taman sangat menarik.

Pagar tinggi yang membatasi rumah dengan jalan raya seakan-akan tidak menghalang keindahan taman dalam halaman karena sengaja dibuat dengan jeruji transparan, Agar tidak terlihat menyeramkan, jeruji pagar dirambati dengan bugenvil yang dililit dan dipangkas menjadi espalier. Bila sedang berbunga penuh, espalier bugenvil tersebut seakan-akan menyerupai “renda” yang memberikan kesan lunak pada pagar, Komposisi tanaman sengaja ditarik ke arah tepi sehingga hamparan rumput gajah yang selalu terpangkas rapi terlihat lapang.

Komposisi padat kana beragam jenis menempati area di sepanjang pagar, Di satu area komposisi memanjang diberi aksen berpola lengkung dengan tanaman bunga aneka macam dan warna. desain taman kering dalam rumah minimalis semakin terasa berkat bugenviI yang ditanam dalam pot bergaya klasik dan berkaki yang ditempatkan belalar di sepanjang pagar, Komposisi tanaman yang merapat pada bangunan rumah satu lantai ini lebih diarahkan untuk menyatukan keberadaan bangunan dengan ruang luarnya.

Bongkahan batu karang yang disusun bertingkat membuat struktur bak tanaman mengikuti bidang tepi bangunan yang diisi dengan tanaman semak yang bergradasi tingginya. Tanaman yang sudah tumbuh merapat dan saling mengisi pada ruang bak dengan batu-batu karang yang menyembul diantara lantana kuning dan portulaca pink. Warna merah dari kembang sepatu menjadi aksen menonjol yang menghias pintu samping yang menghubungkan taman dan ruang keluarga.

Desain taman terbuka dalam rumah terlihat dari Seperangkat kursi taman berwarna putih dimanfaatkan keluarga pada waktu-waktu tertentu. Komposisi yang lebih padat dan hijau mengisi sudut halaman yang paling belakang yang teduh oleh kanopi kamboja putih. Sangkar burung berpenyangga melengkap aksesori taman tersebut sebagai rumah bagi burung merpati putih. “Kereta” tanaman dan armatur lampu taman menjadi aksesori antik memperindah rumah penuh warna ini. Keindahan, kebersihan dan keceriaan taman tersebut seolah-olah mencerminkan ekspresi pemilik yang penuh senyum dan ramah.