Desain Rumah Tropis Minimalis Modern 1 dan 2 Lantai

Tema ” desain rumah tropis minimalis modern” tak habis-habisnya dibicarakan karena kita hidup di negara tropis. Di bawah pengaruh tradisi, adat-istiadat dan kebiasaan hidup kita masalah desain tropis tampaknya tetap bergerak menyesuaikan diri terhadap tuntutan zaman.

KlNl, PERJALANAN PARA arsitek mengolah desain tropis tampaknya mula memasuk tahap abstraks, Akhirnya mereka tertarik untuk menghasilkan karya-karya yang dapat mengikuti tren sekaligus menghasilkan tema baru bagi wacana arsitektur lndonesia Contohnya arsitektur vernakular Bali kin tengah dimodifikasi dengan cara mengangkat aspek falsafahnya,mengembangkan konstruksinya, disampng memperhatikan aspek tipologinya Salah satu contoh perkembangan baru terlihat pada karya Freddy Tjandralana, dan Ario Damar dr kawasan Jakarta Barat, Di sini, gaya Bali modern yang kental dengan unsur tropis menjadi daya tarik.

Bentuk-bentuk desain rumah tropis minimalis sederhana dalam kemasan mutakhir terlihat di pengolahan fasadanya,Rumah milik keluarga Dax Ramadan, M.Eng. ini menampilkan nafas kontemporer melalui tirai kayu yang berfungsi melindung ruangan kerja pemilik di bagian depan bangunan terhadap cahaya matahari pagi. Penataan lantai rumah tidak rumit namun dalam proses perancangannya tim arsitek berupaya mengolah unsur tropis sesuai dengan keinginan pemilik.

Karena tu terdapat banyak bukaan di simpul-simpul ruang bangunan seperti ruang transis bemujud jembatan yang menghubungkan ruangan tamu dengan ruangan keluarga Jembatan berfungsi sebagai wadah cahaya matahari yang menerobos atap tembus pandang dan menerangi ruang-ruang disekitarnya, Di bawah jembatan di buat kolam hias untuk menghadirkan nuansa alami yang menyejukkan ruangan.

Unsur tropis dimanfaatkan dengan maksimal, Selain bukan di simpu ruang, kehadiran bukaan di sepanjang dinding juga mempetegas suasana tropis di dalam ruangan. Pintu-pintu lebar dan jendela-jendela tinggi mengisi bidang-bidang ruangan sehingga terasa lapang, apalagi setelah dipercantik dengan bahan-bahan alami seperti kayu, batu dan beberapa bahan alam lainnya, Di lain pihak, sepasang kolom kayu yang dirancang sebagai aksen ternyata fungsional juga karena dapat menyimpan kabel-kabel sedangkan mejanya digunakan sebagai credenza.

Bagian lain yang tak kalah menariknya adalah langitlangit gantung terbuat dari panel kayu yang menerus sampai ke dinding. Komposisi ini sangat mempengaruhi kesan keseluruhan yang memberikan nilai tambah. Rancangan lain yang juga berdasarkan paradigma tropis adalah teritisan lebar di atas teras, yang tampil lebih praktis dengan besi pengait yang menahan lempengan kanopi. Supaya terhindar dari tampias hujan, sebagian permukaan kolom teras ditutupi kisi-kisi (lattice) kayu sehingga terasa menyatu dengan ruangan dalam meskipun tetap menjadi bagian dari ruang luar.

Perbedaan unsur tropis antara bangunan satu dengan bangunan lain pasti ada,  Keutamaan bangunan ini terletak pada strategi perancangannya yang jujur, Bahan-bahan pilihan tim arsitek terasa sangat kontemporer seperti terlihat pada lattice kayu sebagai tempat meletakkan nomor rumah pada posisi yang tepat sehingga menjadi bagian dari estetika bangunan disamping mempertegas eksistensi pribadi tuan rumah.

Tema tropis pada rumah ini di kemas rapi yang berpijak pada aspek fungsional saja, Selan itu proses  perancangannya berjalan mulus karena pemilik tahu betul seleranya dan membebaskan para arsitek untuk menerjemahkan dan mengembangkannya sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Rancangan  lain yang juga berdasarkan paradigma tropis adalah teritisan lebar luka di atas teras. yang tambil lebih praktis dewan besi pengait yang menahan lempengan kanopi.