Desain Rumah Modern Alami 1 Lantai dan 2 Lantai

Desain rumah modern ini terbilang progresif, Selain bukaan-bukaan yang dirancang menjadi elemen dekoratif yang estetik, komposisi dinding dan atap bangunannya berbentuk ge0metris dan elips sehingga hunian ini tampil dinamis serta inspiratif.

Awalnya, kediaman yang berlokasi di Permata Hijau, Jakarla Selatan ini adalah rumah lama di atas lahan seluas 640 n2 yang dibangun pada tahun 70-an. Pemilik baru hunian ini ingin menciptakan tempat tinggal yang ultra modern dengan desain rumah modern alami suasana relaks dan nyaman, bebas dari hiruk pikuk kota metropolitan.

Dengan padatnya kesibukan sehari-hari, pasangan muda yang bergerak dalam bidang industri periklanan dan manufaktur ini memberi kebebasan penuh pada Arch. Dipl.lng. Cosmas D,Gozali, Konsultan arsitektur Architelier ini mewujudkan hunian yang nyaman untuk beristirahat sekaligus mengekspresikan gaya hidup urban masa kini. Dengan memanfaatkan posisi hunian yang berada di sudut jalan, arsitek ingin menonjolkan desain rumah modern dan berbeda dari rumah konvensional.

Hal ini dilakukan dengan pendekatan bergaya post modern yaitu bangunan bukan berupa satu massa yang besar tetapi berupa komposisi superimpos dari beberapa kubus-kubus geometris. Setiap blok massa dinaungi oleh atap model pelana dengan bidang penutup berbentuk melengkung dan ditopang oleh konstruksi baja canggih. Sebagai aksen atau fokus utama, satu sudut bangunan yang menghadap ke huk lahan sengaja dirancang berbentuk elips dengan dinding melengkung.

Bila diperhatikan denah desain rumah modern 2 lantai , ruang yang menjadi tempat bersantai dan area makan keluarga memiliki bentuk yang menyerupai bola rugbi. Volume ruang dirancang berupa void dua lantai yang luas tanpa dinding penyekat dan dilengkapi dengan tangga menuju kamar-kamar tidur di lantai atas. Dengan demikian, ruang keluarga tersebut berhasil menciptakan kesan lapang dan sirkulasi udara segar serla menladi pusat orientasi bagi ruang-ruang lainnya. Untuk menghindari kesan kosong dalam ruang void yang besar, arsitek merancang sebuah balkon. dari kamar tidur utama yang posisinya seolah-olah menjorok keluar dari salah satu dinding void

Balkon dengan bentuk organik yang amat menarik ini berhasil menjadi elemen penyeimbang dalam komposisi arsitektural di ruang void. Selain itu, tim arsitek juga berupaya memaksimalkan masuknya cahaya alami baik berupa pintu dan jendela kaca yang lebar maupun berupa dinding glass block sehingga menghemat pemakaian listrik. Skylight yang di buat di kamar mandi utama maupun di ruang tidur utama, menambah romantisnya suasana ruang di malam hari, karena penghuni dapat menikmati gemerlapannya bintang-bintang di langit. Bukaan lain yang menarik diantaranya jendela berbentuk kotak geometris di lantai atas yang dibingkai oleh hiasan profil tebal dan dinaungi oleh teritis beton pendek.

Dengan susunan dan bentuk yang lebih bebas, deretan jendela tersebut menjadi elemen dekoratif yang memperkaya penampilan fasada desain rumah modern 1 lantai, Untuk material bangunan, arsitek mengombinasikan antara bahan pabrikasi dan bahan alami sehingga menciptakan kesan teduh dan sejuk seperti mengombinasikan marmer untuk lantai dan kayu parket untuk penutup tangga.Sebagai finishing, arsitek luga beranr mengaplikasikan waTna-warna kontras sebagal aksen pada beberapa bidang dinding rumah.