Desain Rumah Mediteranian Modern Type 36 1 Dan 2 Lantai

KET GAMBAR : Tampak muka eksotik hunian bergaya mediterania, dengan gradasi permainan komponen dan warna ke arah vertikal dan horisontal yang estetik,

KET GAMBAR : Salah cudut di lantai atas yang dipakai unluk memajang koleksi kain lua milik pemilik.

KET GAMBAR : A) Ruang makan, Di sinilah kegiatan anggota keluarga terpusat. Perhatikan permainan bentuk lengkung di dalam void rumah ini, iuga permainan pola lantai dan pemilihan warnanya yang amat mendukung, Pintu masuk utama dari gebyok rala berusia ratusan iahun asal Lamongan, dengan berat 200 kilogram tanpa engsel. Perhatikan motifnya, juga warnanya yang asli (kiri).

KET GAMBAR : Lantai atas ini dipakai untuk kegiatan yang lebih santai, Pemakaian lantai kayu dan pegangan tangga dari besi tempa terasa mendukung desain rumah mediterania modern 1 lantai. A. Shonny, arsitek perancang rumah tinggal yang diketengahkan kali ini menjelaskan bahwa pilihannya atas desain rumah mediterania didasarkan atas keinginan untuk menampilkan citra yang khas pada rumah yang dirancangnya sekaligus untuk memberi suasana yang nyaman dan sehat bagi pasangan eksekutif muda pemilik rumah. “Menurut kajian-kajian yang tersedia, gaya desain rumah mediterania tipe 36 paling pas untuk wilayah tropis karena bersifat terbuka sehirlgga cahaya dan udara bebas memasuki rumah .

Gaya ini memiliki pola warna yang paling lincah karena hampir semua pilihan warna dapat diterapkan di dalamnya. Selain itu gaya ini juga sangat bersahabat sehingga terasa seperti suatu heritage (warisan) bagi lingkungan di sekitarnya, demikian Shonny menguraikan konsep dasar perancangannya.  desain rumah mediterania menurut Shonny sangat bersinergi dengan lingkungannya karena hampir semua bagian bentuknya memakai unsuryang berasal dari alam sedangkan manusia modern sendiri dewasa ini cenderung mendekatkan diri kembali ke alam.

Karena itu hampir semua bahan bangunan, warna dan perangkat interior rumah ini memakai bahan dasar alami. Hunian berlantai dua di ataslahanseluas260m2di kawasanBintaro, )akarla. ini mempunyai lima kamar tidur, masingmasing mempunyai ventilasi dan cahaya alam yang memadai sehingga terasa sejukdi sianghari. Dengan demikian mesin AC hanya dihidupkan di malam hari. “Rumah ini memang dirancang untuk menghemat energi”, tegas Shonny.¬†Warna yang diterapkan juga mendekati warna warna alami, khususnya dl dinding yang diberi tekstur. Bangunan dengan luas lantai total sebesar 300 m2 ini menerapkan dua corak warna.

Untuk dinding luar dtpakai warna oranye carita sedangkan untuk dinding dalamnya warna kuning mentega. “Warna-warna alami merupakan karakter desain rumah mediterania sementara pemilik rumah juga mempunyai selera sehingga berani memakai warna-warna seperti itu”, ungkap Shonny kepada Griya Asri. Untuk Iantai, di bagian luar dipilih warna terakota sedangkan di lantai dasar bagian datam rumah memakai warna natural dari keramik lokal dengan pola silang sehingga menghasilkan nuansa yang apik. “Untuk lantai atas dipakai papan kayu damar laut yang sudah teruji kualitasnya supaya terasa hangat”, ujar Shonny kembali. Demikian pula halnya pemakaian balok’balok kayu kelapa pada atap sengaja di-finishing alami sehingga kesan natural dapat tercapai.