Desain Rumah Kampung Kayu Minimalis Modern

Kesan serba sederhana begitu kuat terasa saat memasuki rumah ini, salah satu yang diterapkan oleh arsitek adalah desain rumah kampung ,Seluruh lantai hanya berpenutup plesteran semen, sementara dinding berupa kayu yang dideretkan menyerupai kisikisi. Akan halnya plafon, dibiarkan teriluka tanpa penutup. Atap menggunakan genteng plentong yang sering kita jumpai di rumah di pedesaan.  Kalau Anda berada di ruang keluarga, Anda akan mendapatkan pengalaman unik. Ada semacam kesan toleran terhadap lingkungan sekitar.

Mengambil posisi di depan carpoft, ruang itu hanya dibatasi oleh tirai bambu yang dapat dinaik-turunkan, Ruang ini juga bersisian dengan taman belakang. Satu set kursi dari masa lalu, yang terpelihara dengan baik, ditempatkan di sana dalam posisi memusat. Ruang yang terbuka tanpa dinding pembatas taman, membuat burung bisa hinggap sewaktu-waktu. Demikian pula teriakan tukang bubur ayam yang lewat menjajakan dagangannya akan terdengar jelas. Maklumlah, pagar pembatas dengan jalan di sebelah rumah hanyalah dereian bamboo Ruang keluarga dan ruang-ruang lain (kamar tidur, dapur, dan kamar mandi) hanya dibatasi oleh deretan kisi-kisi kayu. Tidak ada dinding masif. Toh, pembagian ruang tetap jelas karena adanya tiang kolom.

Desain rumah kampung kayu ini menjadi unik, karena kisis-kiso yang di buat oleh arsitek ini menjadi suasana lebih terbuka, Sementara penggunaan kisi-kisi membuat cahaya alami mudah masuk. Yang dilindungi oleh dinding masif pada empat sisinya hanya lah kamar tidur dan kamar mandi. lni penting karena kedua ruang itu menuntut privasi tinggi. Namun pintu masuk kedua ruang itu tetap menggunakan kaca, kaca yang semitransparan. Ruang lainnya, seperti dapur dan koridor, hanya merupakan ruang antara. Pemisah dengan ruang lainnya menggunakan kisikisi kayu. Dengan begitu, seolah-olah Anda berada di luar, pada hal sebetulnya masih berada di dalam rumah Buang-ruang yang serba terbuka itu jelas mengalirkan udara sejuk, Demikian pula plesteran semen, Inilah yang meniamin pada siang hari pun, Anda akan tetap nyaman berada di dalam rumah, desain rumah kampung modern inilah yang menjadi Sebuah bukti, dengan rancangan yang baik, memiliki rumah di Jakarta pun bisa sejuk, walau dengan gaya yang sederhana.

Rak buku di loteng,  Ruang di loteng umumnya menjadi area sisa untuk penglrawaan. Ruang itu dirancang untuk membuat suhu rumah tidak terlalu panas. Namun lahan yang terbatas membuat kita umumnya berusaha memanfaatkan area sisa dimana pun.  Salah satu contoh, memanfaatkan loteng menjadi ruang kerja. Aktivitas utama penghuni berada di lantai bawah, sedangkan lantai loteng berfungsi sebagai kantor arsitek. Kantor kecil berukuran 3,75mx6m memilikl bentuk ruang trapesium. Inr karena bentuk atap pelana yang miring ke arah tengah bangunan.  Akibatnya, terdapat bagian ruang yang memiliki plafon dengan ketinggian rendah. Untuk itu sang pemilik juga membuat desain rumah kampung minimalis dengan memanfaatkan bagian rendah ini dengan menempatkan rak buku sepanjang loteng. Pemanfaatan ruang loteng pun menjadi maksimal.