Desain Rumah Betawi Modern 2 Lantai Berbahan Kayu

Desain rumah betawi – Beberapa waktu yang lalu,  Kota Jakarta merayakan hari jadinya yang ke 475, suatu usia yang cukup tua. Dengan bertambah usia diharapkan kota Jakarta ini akan semakin mapan, aman dan dapat menjaga terus citranya sebagai kota metropolitan, Dalam rangka menyambut ulang tahun Jakarta serta mengenang kembali kejayaan kota ini, kembali Griya ,Asri mengajak Anda untuk menengok ke belakang, sekadar mengenang sejarah kota ini dengan mengangkat rumah tradisronal riasyarakat Betawi, yang kini keberadaannya hampir punah.

Dibandingkan dengan arsitektur rumah tradisional lainnya di lndonesia, desain rumah betawi tampak lebih terbuka dalam menerima pengaruh dari luar. Coba lihat dan amati dan pola tapak, pola tata ruang dalam, sistem struktur, bentuk, detail dan ragam hias yang dimilikinya.

Lingkungan tempat rumah tradisional Betawi berada dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori, yaitu lingkungan daerah bagian dalam (hinterland) dan lingkungan di daerah pesisir. Rumah-rumah tradisional Betawi di daerah bagian dalam antara lain terdapat di wilayah Condet, Kebun Jeruk, Ciputat, Sukabumi Ilir, dan beberapa wilayah lainnya, sedangkan rumah Betawi di lingkungan pesisir antara lain terdapat.

wilayah Marunda Pulo dan Marunda Besar. Daerah Condet dan Marunda Pulo merupakan dua wilayah yang paling banyak memiliki rumah Betawi. Namun belakangan ini di kawasan Condet “suasana Betawinya” semakin pudar. desain rumah betawi nya semakin langka. Itulah sebabnya Pemda DKI berupaya mencari kawasan lain sebagai pengganti Condet. Sehubungan dengan itu Pemda DKl, melalui Tim Pengelola Perkampungan Budaya Betawi, telah memilih Kampung Setu Babakan, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan sebagai kegiatan cagar budaya yang bertujuan melestarikan desain rumah betawi.

 Anda tentu kenal tokoh komedi Jaja miharja salah seorang bintang Betawi yang sering muncul di layar kaca. Dia adalah artis putra asli Betawi yang serba bisa, menyanyi, mengarang lagu, melucu, dan berakting. Di samping itu ternyata laja sangat menjunjung dan menghargai budaya Betawi sebagai warisan sebuah tradisi. Untuk membuktikan kecintaannya terhadap budaya Betawi, ia membangun dua desain rumah kayu betawi dengan lingkungannya yang asri, di Desa Tajur Halang, Bogor.

”Saya sengaja bikin rumah Betawi ini supaya anak dan cucu ama keturunannya nanti tahu bahwa ini rumah adat nenek moyangnya. Coba liat aja. mana ada yang mau ngebangun rumah Betawi, apalagi di tengah kota. Entar, kasihan generasi anak cucu kita, pada nggak tahu bagaimana rumah nenek moyangnya,” ujar )a)a nremberi alasan mengapa dia bikin rumah Betawi kepada Griya Asri, di sela-sela shooting di sebuah stasiun televisi.