Desain Rumah Bali Minimalis Modern Type 45 1 Dan 2 Lantai

Hunian milik pasangan muda, Robby dan Astrid yang terletak di daerah Cibubur ini memiliki pesona tersendiri. Bangunan yang berdiri di atas lahan 140 meter persegi ini memang terlihat unik dan tampilannya sangat berbeda dengan rumah yang ada di sekitarnya. Latar belakang apa yang mendasari Robby, ayah dua orang anak ini dalam merenovasi huniannya tersebut, diungkapkannya kepada Griya Asri.

Desain rumah bali type 45 milik keluarga muda ini mengalami banyak perubahan dari bentuk aslinya. Perubahan ini diperlukan karena setiap anggota keluarga ingin memiliki ruang pribadi masing-masing. Dalam hal ini mereka tidak berkonsultasi dengan arsitek ataupun desainer interior. “Tetapi karena kami berlangganan majalah tentang desain rumah bali, maka saya banyak mendapat inspirasi, ide, dan informasi yang saya butuhkan” ujarnya menjelaskan awal rencananya tersebut.

Desain rumah bali yang berada di atas lahan yang sangat terbatas ini mengalami pengembangan ke atas. “Mulanya kami hanya ingin membangun sebuah ruang tidur untuk kami, tetapi akhirnya jadi melebar yaitu dengan menambah dua ruang tidur anak-anak serta pengembangan ruang-ruang lainnya” ujar Robby. Secara keseluruhan, desain rumah bali minimalis 2 lantai ini dikemas dengan menerapkan unsur Bali, unsur Jawa dan unsur Eropa. Bali merupakan tempat favorit bagi kami. Unsur Jawa diterapkan karena kecintaan dia pada daerah asal sedangkan unsur Eropa diterapkan hanya pada kaca patri dan berbagai lampu hias.

desain rumah bali, tampak depan  Griya Asri sudah disambut dengan elemen exterior  desain rumah Bali yang kental, terutama dari tampilan arsitekturnya, khususnya pada bagian atap (genteng) yang dipasang tanduk-tanduk ala Bali. Warna kuning diterapkan pada tembok luar (eksterior) yang identik dengan gaya Bali, sedangkan kayu mendominasi kolom-kolom bangunan ini. Pintu ukiran Bali yang khas turut menyambut kedatangan para tamu.

Pembagian area direncanakan dengan apik oleh pasangan muda ini. Pada desain rumah bali modern 1 lantai , terdapat area umum, seperti ruang tamu, bar/ kafe yang menyatu dengan ruang makan, dan servis area yang berada di sisi kanan bangunan. Pada lantai atas, lebih terfokus untuk tempat kegiatan yang sifatnya lebih pribadi (area privasi). Desain  rumah bali Di bagian depan, tepatnya di area carport, digunakan atap joglo yang mempunyai sembilan tumpangsari. Dari sini kami masuk melewati pintu ukiran Bali, dan kami “disambut” oleh ruang santai mirip sebuah “koridor” yang ditata simpel namun unik.

Di ruang ini Robby sengaja menerapkan warna hijau cerah dan pola lantai hitam-putih yang disusun silang. Yang menarik lagi, di area ini terdapat akuarium ikan hias yang ukurannya memanjang dan diletakkan langsung di atas lantai sehingga di bagian atasnya, dapat diletakkan audio/video system yang dialasi kayu yang tebal, jadi bukan hanya desain rumah bali tradisional saja yang di tonjolkan, tetapi kesan minimalis pun menjadi daya tarik pada hunian ini.

Di sisi kiri dari “koridor” terdapat ruang tamu yang luasnya terbatas namun si pemilik mampu menatanya dengan manis.Atap di ruangan ini memakai joglo, yang dilengkapi dengan pernik interior yang serasi. Penerapan warna biru untuk dinding ruang tamu diharapkan dapat memberi kesan desain rumah bali tradisional seperti yang diinginkan pemilik.