Desain lantai carport minimalis modern Harus Kuat dan Aman

Sebagai area yang paling banyak menanggung beban dan sering terkena panas dan basah, lantai carport minimalis harus ditangani dengan cermat. isaac Newton menyadari adanya gaya gravitasi ketika sebuah apel jatuh  dari atas pohon ke tanah. Dari gaya gravitasi ini, kita belajar bahwa semua benda di bumi bertumpu pada tanah di bawahnya untuk berpijak. Tanah yang aman untuk dipijak, tentulah tanah yang kuat menanggung beban. Sama halnya yang berlaku di carport. Kendaraan, terutama mobil, memiliki beban yang cukup besar. Sebuah mobil kira-kira memiliki beban 500-1.500 kg. Berarti, lantai carport harus dapat menampung beban Iebih besar dari itu. Selain itu, keamanan pada lantai carport juga perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan cedera dan kecelakaan.

Menyiapkan Struktur Lantai

Saat akan membuat desain lantai carport minimalis, pada mulanya tanah dikupas kurang tebih 20 cm, kemudian diisi dengan padas. Setelah area rata, disiram dengan sedikit air, kemudian dipadatkan dengan beban agak berat. Beban ini dapat ditanggung oleh beton ringan yang dibuat dari campuran semen, pasir, dan koral dengan perbandingan 1:3:5. Pemadatan tanah ini dimaksudkan agar tidak terjadi penurunan tanah saat harus menanggung beban. Pemadatan ini bergantung pula pada jenis tanah yang terdapat pada area itu. Jika terdapat tanah rawa, area tersebut tentu harus diberikan penanganan ekstra. Rollog adalah pondasi ringan untuk memperkuat area perbatasan lantai carport dengan taman. Rollog perlu dipasang untuk memperkuat daYa dukung tanah pada lePi carport, sehingga tanah tidak melesek ke dalam tanah. Batu bata yang ditanam sedalam 30 cm cukup untuk menahan beban yang ditanggung lantai carport bagian tepi.

Material Penutup Lantai

Pada daerah carport, terjadi banyak kegiatan seperti merawat dan mencuci kendaraan, sehingga carport akan sering dipenuhi kotoran, tanah, dan oli. Begitu juga dengan air siraman tanaman dan air hujan yang akan menyebabkan lantai carport rumah minimalis sering basah. MateriaI penutup carport haruslah yang mudah dibersihkan dan tidak Iicin. Selain bahaya karena dapat menyebabkan terpeleset, kendaraan dapat selip saat lantai dalam keadaan basah. Agar tidak Iicin, dapat diakali dengan taburan batu alam seperti koraI sikat atau ubin bertekstur pada permukaan plester. jika tidak ingin menggunakan penutup lantai yang padat, dapat juga menggunakan paving block. Kelebihannya, permukaannya kasar, tidak licin, mudah menyerap air, murah, dan mudah dibuat. MateriaI laln yang banyak digunakan, misalnya conblock, semen, beton sikat, keramik, bata ekspos, dan terakota. Pemilihan materiaI penutup lantai juga harus disesuaikan dengan desain keseluruhan carport yang selaras dengan fasad bangunan. Sewaktu- waktu carport dapat berubah fungsi menjadi area kegiatan saat acara kumpul keluarga, sehingga harus enak dipandang dan estetis.

Konstruksi Saluran

Selain materiat penutup lantai, konstruksi saluran pembuangan pada carport juga harus dipikirkan secara matang. Genangan air dapat merusak pondasi carport, sehingga air yang menggenang harus dialirkan ke arah taman atau saluran pembuangan. Pada lantai berbahan masif, dapat dibuatkan got keciL dengan lebar 5-10 cm dan kedalaman 5 cm. Pilihan lainnya adalah membuat droin hole yang dilindungi jeruji besi pada sudut carport. Jika ingin membuat carport datar, lantai carport tetap harus dimiringkan sebanyak 10-20, sehingga air di lantai akan mengalir. Lantai yang bertekstur kasar dibuat Iebih miring (sekitar 5′), karena air akan lebih sulit mengalir. Selain air kotor, saluran air bersih juga harus direncanakan. Pembuatan saluran harus diletakkan pada daerah yang strategis dan nyaman, sehingga dapat menjangkau setiap sudut mobiI dan taman.

Ramp

Ramp, atau permukaan miring, perlu dibuat saat permukaan rumah lebih tinggi dari permukaan jalanan. Ukuran idealnya adalah 10%, yaitu setiap jarak 1 meter, lantai naik 100. Ramp yang baik tidak menyebabkan mobiL tergeLincir karena terlalu curam atau materialnya licin. Daripada menggunakan keramik yang cenderung licin, menggunakan batu alam atau beton sikat akan lebih aman.