Desain Lampu Taman Rumah Minimalis Sederhana

Desain Lampu Taman – Taman diciptakan unluk menyempurnakan dan melengkapi wajah luar fisik bangunan rumah Taman juga bisa menjadi bagian fungsional dan mendukung aktivitas di seputar rumah. ltulah sebabnya keindahan dan fungsi taman pada hakikatnya tidak hanya untuk dapat dinikmati pada siang hari, tetapi juga pada malam hari. ltu pula sebabnya sebuah taman sebaiknya didesain lebih sempurna dengan mempertimbangkan unsur pencahayaan sebagai elemen penunjangnya ABDI AHSAN, SEORANG LIGHTING O0NSULTANT, ALUMNI ITB yang banyak menangani desain pencahayaan termasuk pada taman rumah tinggal, menguraikan kepada griya Asri seluk beluk pencahayaan di taman.

Pada umumnya para pekerja yang tinggal dan bekerja di kota-kota besar, pulang ke rumah pada malam hari. Begitu sampai di rumah, maka bagian yang tampak pertama kali adalah bagian muka bangunan rumah dan taman depannya. Keindahan muka rumah dan taman bisa menghilangkan stres seseorang karena aktivitas di luar rumahnya yang melelahkan sepanjang hari. Sehubungan dengan itu konsep sebuah taman depan hendaknya juga ditujukan untuk tampil menarik pada malam hari.

Selain untuk menambah estetika bangunan rumah, pencahayaan pada rumah tinggal diperlukan pula untuk menunjang segi keamanan. Pencahayaan yang diterapkan untuk tujuan keamanan ini biasanya didesain dengan konsep yang sedikit berbeda dengan pencahayaan untuk penunjang estetika taman. Pada umumnya pencahayaan ini lebih fungsional dengan menggunakan lampu dan sumber cahaya yang daya pijarnya lebih kuat, dan dinyalakan sepanjang malam.

Lampu keamanan (security) tersebut hendaknya ditempatkan pada daerah yang strategis, misalnya pada daerah lobi entrance, sudut-sudut kavling rumah dan di sekitar pagar.  desain lampu taman yang digunakan pada prinsipnya sama dengan yang digunakan pada arsitektur dan interior rumah. Hanya saja sistem instalasinya diadaptasi untuk pemakaian di ruang luar. Kita mengenal lampu yang biasnya memancar ke alas (uplight) dan lampu yang biasnya mengarah ke bawah (downlight). Ada pula lampu yang bentuk visualnya terlihat.

secara nyata dan menjadi bagian dari elemen taman, tetapi ada lampu yang tersembunyi, hanya biasnya saja yang ingin ditonlolkan. Dari segi warna kita mengenal sumber cahaya yang warnanya lebih ke arah moonlight yaitu warna putih kebiruan yang menyejukkan seperti bias cahaya bulan dan bintang. Ada juga warna warna yang lebih colorful. Untuk keperluan lansekap lebih cocok digunakan warna kuning untuk kategori ini. Dari sekian jenis sumber cahaya ada yang pijarnya keras (hardtone) dan ada juga yang lebih lembut (softtone). Kita juga mengenal underwater lamp, yang khusus didesain untuk pemakaian di dalam air. Biasanya desain lampu taman rumah untuk pemakaian ini dilengkapi dengan sumber lampu yang voltasenya rendah sehingga mengurangi risiko adanya konsleting.