Desain Kantor Kaca Modern Minimalis 1 dan 2 Lantai

Penggunaan bahan metal, kaca dan aluminium biasanya berkesan futuristis, artinya modern sekali karena dibuat secara definitif sesuai dengan perkembangan desain teknologi. Dengan menerapkan bahan untuk desain kantor minimalis tersebut, ruang kantor penyedia jasa jaringan film kabel (cable movie network) di sebuah bangunan di Singapura, sungguh tampak “dramatis” dalam balutan dinding transparan.

Kaca merupakan salah satu bahan yang bisa memberikan efek magis karena refleksi dari kaca mampu membawa perubahan pada ruang, memproses cahaya masuk dan keluar dan memberikan keluasan pandangan. Ruang sempit ,sekan-akan menjadi luas dan langit-langit rendah seakan-akan menjadi tinggi. Dengan dasar pertimbangan itulah, tim Design Gate merancang desain kantor modern berbasis teknologi canggih yang menyediakan aspek layanan langsung ke konsumen melalui jaringan kabel dan personal computer (PC). Sebagai pemilik hak distribusi film-film produksi Hollywood, kantor satu lantai ini merepresentasikan basis teknologi mutakhir dengan pemakaian dinding kaca, rangka metal dan aluminium, serta lantai granit sehingga terkesan bersih dan hi-tech.

Ruang penerima kantor dirancang multifungsi sebagai ruang tunggu praktis dan letaknya berdekatan dengan ruang rapat atau ruang presentasi. desain kantor minimalis 1 lantai ini oleh sang arsitek dengan Ruang penerima berfungsi pula sebagai penghubung ruang kerja pengelola dan ruang produksi yang dirancang linear. Karena kantor ini bergerak dalam jasa produksi yang khas, interiornya pun ditata lebih praktis dan terfokus kepada kebutuhan utama misalnya ruang rapat cukup satu dan harus didukung oleh kemampuan komponen teknologinya.

Di ruang ini terdapat layar LCD siap pakai yang dipasang pada satu bidang dengan jarak yang memungkinkan pengguna ruang mengamati tampilan pada layar dengan jelas. Agar tidak terkesan sempit, dipakailah dinding kaca tembus pandang pada dua slsi bidang ruang. Masuknya sinar matahari atau pencahayaan lain melalui dinding kaca, dapat diatur dengan mudah dengan cara menaik-turunkan atau membuka-tutup tirai secara otomatis sesuai dengan suasana yang di diinginkan.

Disamping itu, segi praktis diperhatikan pula dengan keandalan bahan dan kerapian teknik pemasangan. Contohnya lembaran kaca direkatkan satu sama lain tanpa lis agar mendapatkan kesan tanpa batas antara ruang tunggu dan ruang rapat.Dengan cara tersebut diharapkan tercipta suasana bekerja yang kondusif dan terbuka. desain kantor minimalis 2 lantai ini Selain memperhatikan aspek fungsional, tidak dilupakan pula aspek estetika.Dominasi bahan kaca, aluminium dan metal, diperlunak oleh aksen kayu pada pintu dan panel-panel dinding serta plin lantai.

Sentuhan kayu dipakai agar ruangan kantor tampak lebih bersahabat, hangat dan tidak kaku. Pola dan tekstur lantai granit pada ruang penerima, juga memperindah keseluruhan ruang. Kombinasi warna hijau dari bahan granit, beningnya bahan kaca, kokohnya bahan aluminrum serta metal dan segarnya warna kayu, menciptakan paduan teknologi yang serasi.Menurut Kifli Kudsi, desainer yang mewakili Design Gate, fungsi lain penggunaan kaca tembus pandang adalah sebagai ‘jembatan” antara aspek teknologi yang mewakili masa mutakhir dan aspek masa lalu yang diwakill  Iingkungan setempat yang mempunyai bangunan bersejarah.

Selain itu, aspek pencahayaan baik langsung maupun tidak langsung (indirect lighting) juga memegang peranan penting dalam memberikan “jiwa’’ pada ruang dan memberi nilai tambah pada bahan. Kantor yang telah lama menjalin kerja sama dengan beberapa produser film raksasa seperti  21 Century Fox ini , memang berupaya secara intens menghadirkan layanan prima kepada para pelanggannya. Untuk menunjang semua itu, tentu dibutuhkan wadah yang representatif untuk mengangkat citra perusahaan.Salah satu upaya mengangkat citra ini adalah dengan membuat rancangan yang menerapkan unsur teknologi (dengan tampilan bahan futuristik) dan unsur keterbukaan (tranparansr bahan kaca).