Decorative Tiles Untuk Desain Keramik Lantai Kamar

Saat ini keramik diproduksi sudah sangat bervariasi, baik dimensi, desain maupun fungsinya. kalau dulu kita memasang keramik hanya dengan pola desain keramik lantai kamar yang sangat konvensional, kini berbagai macam pola untuk pemasangan sudah dapat diterapkan. Beragamnya keramik serta kemudahan untuk mendapatkannya membuat pemakaian keramik dalam sebuah bangunan sudah bukan lagi sekedar untuk memenuhi unsur fungsional dalam pembangunan rumah Unsur estetis keramik juga merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam desain suatu bangunan melalui pemasangan decorative tiles.

Decorative tiles merupakan keramik biasa yang didesain khusus oleh pabrik dengan motif dan pola tertentu yang ditujukan untuk memberi nilai lebih pada desain ruangan sebuah bangunan. Adapula pola pemasangan pada lantai yaitu border/list untuk bidang tepi. dekorasi untuk bidang tengah berupa pola dot (bundar atau bujur sangkar) dan segitiga serta mozaik Selain itu diproduksi juga bahan bagian dasar lantai (plinht) untuk pemasangan pada bagian perbatasan antara dinding dan lantai. Untuk penerapan pada dinding terse- dia produk untuk border/list, incerto serta wall panel.

Material tersebut dapat diterapkan dalam berbagai ruangan mulai dari carport sampai dengan kamar tidur seperti mozaik bundar untuk toyer. list atau border untuk lantai di ruang keluarga serta incerto untuk keramik dinding. desain keramik lantai kamar tidur mengikuti tren de- sain yang berkembang di Italia dan Spanyol yang dikenal sebagai pusat desain produk- produk sejenis. Inovasi produk decorative tiles ini dibuat seiring dengan perkembangan basic tiies karena fungsinya sebagai aksesori yang melengkapi basic files.

Desain decorative files berkembang pesat untuk area pemasaran di pulau Jawa yang merupakan pasar terbesar decorative tiles. Untuk daerah luar pulau Jawa. setiap produk desain dapat bertahan agak lebih lama. sehingga umur desainnya bisa ber- tahan lebih dari satu tahun. Salah satu produsen decorative tiles yang bonafide adalah Asher. Astar pernah membuat logo keramik pabrik PUpuk Kujang dengan ukuran ‘7m X ‘7m. Dalam produksi high end decorative tiles. Aster memegang monopoli untuk segmen menengah ke atas. Dengan sistem distribusi langsung, Aster mengirimkan produknya ke toko tanpa melalui agen.

Sejak tahun 2005 pasar decorative tiles makin kompetitif sehubungan dengan makin maraknya kasus pembajakan desain dan semakin banyaknya industri rumahan yang membuat produk sejenis. Namun, Astar tetap terus mengembangkan desainnya sampai akhirnya dihasilkan ratusan desain untuk decorative tiles. Setiap desain selalu di perbarui setiap bulannya dengan mengeluarkan tiga sampai empat karya desain. Salah satu produk dari Astar yang dapat dilihat oleh masyarakat banyak adalah decorative tiles yang terdapat di interior masjid Tanah Abang Jakarta Produk Aster telah dipasarkan ke luar negeri dan Aster telah bekerja sama dengan pabrik keramik besar lainnya.