Contoh Desain Rumah Kayu Sederhana Tapi Elegan

Selain mempertahankan estetika dan keaslian desain rumah kayu sederhana ini, diperhatikan pula pemakaian bahan kayu terbaik sehingga menjamin daya tahan rumah. Kayu dipilih dipilih dari jenis kayu keras, dengan pori-pori yang sangat padat dan tahan rayap, seperti kayu ulin, sonokeling, lingua dan damar laut, dengan total pemakaian kayu mencapai 30.000 potongan atau sekitar 250 m3 kayu.

Teknik pengerjaan kayu juga membutuhkan keteletian khusus yang teliti, misalnya dinding teras dilapisi oleh papan kayu ulin, yang memiliki serat kayu indah namun sangat keras. Cara pemasangannya tidak bisa dengan paku biasa, tapi harus memakai air nailer dan lem epoxy dengan aplikasi leknik tongue and groove. Papan kayu tempel luar dan dalam ini menghasilkan dinding dengan ketebalan total 25 cm.

Sebuah daun pintu pada desain rumah kayu sederhana ini terbuat dari kayu utuh seberat 1,2O kg juga harus dipasang dengan engsel dan pegangan khusus, yang sesuai dengan berat beban tersebut. Selain ilu, finishing kayu menggunakan caian potyurethane yang antigores dan jernih, sehingga tetap menonjolkan keindahan serat. Jenis kayu untuk eksterior bangunan juga dipilih yang tahan terhadap perubahan cuaca, seperti teriknya sinar matahari.

Untuk mempercantik ruang, pernik dan perabot ruang dipilih yang alami dan bernuansa etnik maupun antik. Contohnya, teras ditata dengan seperangkat kursi bambu, sedangkan desain dalaman rumah kayu misalnya ruang tamu diisi sofa dari bahan serat batang pisang. Ruang keluarga juga dihias dengan kain songket Palembang dan sebuah chandelier dengan 48 buah titik lampu, yang digantung di tengah ruang bagaikan mahkota.

desain rumah kayu dua tingkat juga mengikuti motif bangunan tradislonal Palembang, seperti ukiran kayu pada listplang dan hiasan tiang catur tangga. Selain itu, Jimmy menanam tanaman produktif seperti pohon buah-buahan dan beragam jenis tanaman bumbu dapur. la juga memelihara hewan peliharaan seperti sepuluh ekor angsa, seekor ayam jantan pelung dan empat ekor burung cucak rawa serta sebuah kolam ikan di samping rumah

Penataan pencahayaan ruang juga didesain sesuai dengan jenis kegiatan dan karakter bahan kayu. Jenis lampu meja lampu gantung dan downlight dengan sinar kekuningan dipilih untuk menciptakan suasana hangat dan cozy. Sedangkan untuk penerangan di luar bangunan, lampu melal highlite dengan teknik back wash dipakai untuk mengekspos keindahan bangunan pada malam hari.

Secara keseluruhan, rumah ini merupakan perpaduan keindahan rumah tradisional dan teknologi konstruksi yang harmonis sehingga bisa disebut dengan contoh desain rumah kayu sederhana tapi elegan.