Cara membangun lantai mezzanine yang ringan, praktis, & hemat

Berikut langkah yang dapat membantu Anda untuk membangun lantai mezanin tanpa membongkar atap jika lahan terbatas, meningkat rumah dengan mezanin merupakan langkah tepat menambah ruang. Anda cukup memfokuskan pikiran mengenai jenis konstruksi dan bahan untuk pelat lantai baru. Meningkat dengan cara membangun lantai mezanin mengurangi pekerjaan bongkar atap. Membangun mezanin hanya mengandalkan struktur yang ringan.

Pelaksanaannya cepat. Biasanya mezanin disatukan dengan lantai loteng jika rumah memiliki plafon yang rendah. Sebelum Anda memulai, ada lima pertimbangan yang membantu Anda untuk membangun lantai mezanin.

  1. Tentukan fungsi dan kebutuhan

Anda perlu menentukan fungsi mezanin yang akan dibangun. Apakah ruang kerja, kamar tidur, ruang bermain anak, atau ruang keluarga. Kejelasan ini membantu Anda menentukan jenis konstruksi dan bahan apa yang tepat. Setelah fungsinya sudah jelas, Anda perlu menetapkan luas lantai yang akan dibangun. Luas lantai bukan hanya untuk mewadahi aktivitas, namun juga jumlah dan jenis furnitur yang akan ditempatkan. Semakin banyak furnitur, maka semakin berkurang luas lantai yang Anda butuhkan untuk beraktivitas.

  1. Cek konstruksi dinding yang asli

Kenali konstruksi dinding rumah lama Anda. Konstruksi dinding biasanya menjadi tumpuan struktur lantai yang akan dibangun. Cek secara detail, apakah konstruksinya cukup rapi, ada tiang, ring balok, dan sloof. Kemudian cek jenis bahannya: bata merah, batako, atau beton ringan aerasi. Kejelasan ini mempermudah Anda membangun konstruksi lantai.

Jika kekuatan konstruksi dinding asli tidak memadai, Anda perlu menambah kolom tambahan (suntik kolom), Kolom ini menjadi penyokong konstruksi lantai yang baru. Kolom akan menerima beban dari balok dan pelat lantai sekaligus beban furnitur. Anda perlu memastikan pelat lantai yang baru. Untuk hal ini, Anda hendaknya tidak sembarangan. Mintalah nasehat dari ahli struktur atau kontraktor bangunan.

  1. Pilih jenis pelat lantai

Membangun mezanin biasanya memasang pelat lantai baru. Pilihan jenis pelat macam macam. Ada dari beton komposit, baja kanal, besi hollow, kayu, papan semen, dan lembaran baja bergelombang. Sebelum memilih itu ceklah.

– Fungsi pelat lantai. Apakah jenis pelat lantai cocok untuk segala konstruksi dinding rumah, Mintalah saran arsitek atau kontraktor untuk membantu Anda menentukan pilihan jenis pelat lantai yang tepat.

– Daya tahan. Bagaimana daya tahannya. Misalnya daya tahan kayu jika dibandingkan dengan baja. Kayu rawan dimakan rayap. Baja mudah berkarat jika tidak mendapat proteksi yang tepat. Carilah informasi yang lengkap sebelum Anda menjatuhkan pilihan.

– Cara pemasangan. Masing-masing jenis sistem dan bahan memiliki cara pemasangan yang khas. Misalnya papan semen dan lembaran baja bergelombang. Meskipun kedua bahan tersebut memerlukan pengikatan yang kuat, namun tetap ada perbedaan teknis instalasinya.

– Jaminan produk. Tidak semua produk memiliki garansi. Kayu tentu tidak ada garansi yang valid. Berbeda dengan produk fabrikasi yang biasanya sudah diberi label usia pakai dan layanan purna jual. Perhatikan dengan teliti. Tanyakan langsung kepada pemilik produk jika Anda merasa ragu.

  1. Perhatikan lubang udara dan cahaya

Kalau Anda membuat mezanin, sebaiknya memikirkan sumber cahaya dan udara. Buatlah jendela yang memadai. Letak jendela dapat di mana saja, asalkan tidak mengganggu kenyamanan Anda. Cahaya dan udara membuat mezanin tidak lembap. Gunakan bahan jendela yang kuat dan aman. Yang kuat tidak mesti mahal. Anda dapat menggunakan kusen dari kayu reng yang dicat. Atau Anda dapat menggunakan kayu besi hollow yang dicat. Kalau ada cukup biaya, gunakan kusen aluminium. Kaca jendela bisa apa saja yang penting cahaya masih dapat menembus ke dalam.

  1. Budget yang ada

Cek biaya yang Anda miliki. Pilihlah jenis konstruksi dan bahan lantai mezanin yang sesuai dengan anggaran dana renovasi Anda. Untuk mencegah aliran dana sesuai kebutuhan, Anda dapat menentukan skala prioritas. Tentukan kebutuhan yang utama, sedangkan kenginan yang sifatnya percantikan bisa menyusul. Kebutuhan yang utama adalah kekuatan, ketahanan, dan keamanan. Jika hal lni sudah terpenuhi, Anda dapat menambah elemen percantikkan yang sesuai selera. Bahkan kalau dana lebih, Anda dapat memesan furnitur yang indah.