6 tips dan cara membuat carport rumah sendiri yang murah dan minimalis

Carport bukan sekadar aksesori bangunan. Agar berfungsi secara maksimal, cara membuat carport rumah sendiri yang murah dan minimalis harus direncanakan dengan tepat. ibu Farida (32) mengeluh. Anaknya yang berusia 5 tahun, Bayu, selalu merajuk jika diajak bepergian di siang hari. Bukan karena enggan berjalan-jalan ke luar rumah, tapi karena mobilnya yang dibiarkan terparkir di pelataran rumah tanpa atap, mengeluarkan hawa panas akibat terpanggang matahari. Jika Anda pun pernah atau bahkan sering mengalami hal seperti ini, mungkin sudah saatnya merencanakan  carport yang lebih baik untuk melindungi kendaraan Anda.  carport sudah bukan lagi hal mewah di rumah tinggal. Bahkan  carport telah menjadi fasilitas penting di rumah berlahan terbatas yang tidak memungkinkan dibuatkan garasi di dalam area rumah. Membuatnya pun mudah, tinggaI mengeraskan lantai dan menambahkan atap, tempat parkir mobil pun sudah bisa disebut  carport. Meski demikian, bukan berarti  carport yang dibuat secara sederhana itu baik, karena ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan saat membuat carport minimalis yang tepat dan fungsional.

  1. membuat carport minimalisLetak Carport

Posisi  carport bisa di samping atau tengah, sesuai desain halaman rumah. Usahakan jangan membuat  carport menutupi pintu utama, karena akan mengganggu estetika dan sirkulasi orang keluar-masuk rumah. jika posisi memang harus berada di depan pintu utama, Anda dapat menyiasati kondisi ini dengan membuat pola jalan setapak menuju pintu utama, agar akses pejalan kaki tidak terganggu.

  1. Luas Lahan

Jangan membuat  carport dengan ukuran yang terlalu pas, karena dapat menghalangi keleluasaan arus keluar/masuk mobil. Ukuran standar carport berkapasitas 1 mobiI adalah 3 m x 5 m. Jarak mobiI dengan dinding kira-kira 30 cm, sehingga pengemudi dapat membuka pintu dan keluar dari mobiI dengan mudah. Sedangkan untuk jarak antara mobil dengan gerbang minimal 50 cm, karena pintu bagasi mobiI biasanya membutuhkan jarak lebih luas ketika dibuka. Jika ukuran standar  carport tidak memungkinkan untuk diterapkan, dapat menggunakan ukuran minimal lahan  carport yaitu 2,3 m x 4,6 m.

  1. Rancang Drainase

Talang air untuk mewadahi air hujan di bagian atap  carport harus direncanakan sejak awal. Atap yang bentuknya datar tidak memerLukan talang, namun kemiringan dan arah jatuh air harus dirancang agar tidak menggenangi lantai  carport dan teras rumah. Jika hendak memasang talang, jaringan utilitasnya harus diperhitungkan. Pembuangan air pada lantai  carport juga harus dirancang dengan seksama. Letaknya yang berada di daerah outdoor, membuat  carport akan sering terkena air, baik air hujan, air siraman tanaman, atau air cucian mobil. Jika drainase tidak dirancang dengan baik, air genangan akan cepat merusak pondasi carport.

  1. Desain Carport

carport menjadi satu kesatuan dengan fasad bangunan rumah, sehingga desainnya pun harus seLaras dan indah dipandang. Tampilan  carport yang sesuai tentunya dapat meningkatkan citra rumah. Misalnya, rumah bergaya minimalis tentu akan cocok disandingkan dengan  carport dari bahan kaca dengan pola grid yang simpel. Sedangkan rumah bergaya tradisional akan cocok menggunakan  carport dengan konstruksi kayu dan atap genting. Satu haI yang tidak boleh dilupakan, apapun gaya desain  carport yang dipilih, tetap harus mementingkan kekuatan konstruksi atap dan struktur, serta keamanannya.

  1. Konstruksi Atap dan Pondasi

Kekuatan konstruksi atap dan pondasi  carport menjadi kunci idealnya sebuah  carport. Konstruksi atap  carport haruslah yang kuat dan aman. Pada umumnya, ukuran atap  carport adalah 2,5 m, namun dapat juga dibuat 3 m sehingga  carport akan lebih nyaman. Secara material, pemilihan atap  carport selain mempertimbangkan sisi desain dan kekuatannya, juga harus mempertimbangkan keadaan cuaca. Di lndonesia, intensitas curah hujan dan sinar matahari tinggi, sehingga bahan kayu biasanya digunakan bersamaan dengan material lain seperti genteng atau polikarbonat. Sesuai fungsinya,  carport akan selalu dilewati kendaraan seperti motor dan mobiI yang bobotnya cukup besar. Oleh karena itu, lantai  carport pun harus memiliki pondasi yang kuat sehingga dapat menopang beban.

  1. Perhitungan Anggaran

Berbagai desain  carport memberikan pilihan anggaran yang berbeda-beda, tergantung pada bentuk, struktur, dan material yang akan digunakan. jika ingin melakukan penghematan saat akan membual  carport, dapat memilih material yang ekonomis dan struktur yang sederhana, namun rangka  carport harus dibuat sesuai ketentuan umum agar tetap aman dan kuat.