5 Cara membersihkan lantai keramik berkerak di rumah

Nat pada keramik memang terlihat kecil. Namun nat memiliki fungsi yang besar untuk menunjang kekuatan serta keindahan kera- mik. Pada akhirnya, nat yang dipasang dan terawat baik akan menjadikan lantai dan dinding keramik tampil lebih indah. Selain itu, nat yang bersih juga menunjang kesehatan penghuni rumah, terutama jika diaplikasikan pada keramik di dapur dan kamar mandi. Nat sebagai pengisi celah antarkeramik memiliki pori-pori, sehingga kotoran mudah terserap dan tinggal di dalamnya.

Kotoran itu bisa berupa debu, jamur, juga cairan dari makanan, minuman, atau bahan kimia. Karena itu pula, nat mudah bernoda dan cepat rusak. Agar nat terawat, bersihkan noda lantai keramik secara berkala dengan cara yang benar. Jangan abaikan nat pada lantai dan dinding keramik di rumah Anda. Nat rusak bisa mengganggu tampilan ruang

cara membersihkan lantai keramik rumah

  1. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Aplikasikan larutan terse- but ke bagian nat dengan menggunakan spons atau alat penyemprot. Kemudian sikat bagian nat yang perlu dibersihkan. Lakukan penyikatan dengan gerakan memutar. Gunakan sikat yang cukup keras, tapi bukan sikat kawat. Setelah nat bersih, bilas dengan air dan keringkan dengan lap.
  2. Anda juga bisa menggunakan baking soda, terutama untuk kotoran yang lebih sulit dibersihkan. Taburkan baking soda pada permukaan nat yang akan dibersihkan. Biarkan dua-tiga menit, kemudian sikat dengan gerakan melingkar menggunakan sikat gigi. Setelah bersih, bilas dengan air dan keringkan.
  3. Gunakan steam atau uap panas. Saat ini ada beberapa produk steam yang ditawarkan di pasaran. Cara ini lebih efektif dan mudah dikerjakan, tapi memer- lukan biaya yang lebih besar. Dengan steam, Anda tinggal menguapkan area yang akan dibersihkan. Kotoran pada nat akan terangkat sendiri. Setelah bersih, bilas dengan air dan keringkan.

cara membersihkan lantai keramik berkerak

  1. Bersihkan dengan sikat yang lembut dan cairan pembersih lantai. Gosokkan dengan gerakan melingkar bertekanan sedang. Lakukan secara rutin, minimal satu kali dalam dua minggu.
  2. Lapisi permukaan nat dengan grout sealer. Lakukan minimal satu tahun sekali untuk menjaga keindahan dan keawetan nya. Grout sealer tersedia untuk kebutuhan berbagai jenis ruangan.