16 panduan renovasi rumah minimalis dengan biaya murah

Dengan saran ini, Anda dapat mendesain, membangun, dan memeriksa hasil pembangunan mezanin dan lantai loteng. renovasi rumah minimalis dengan cara meningkat menjadi pilihan tepat untuk menambah ruang. Renovasi seperti ini hanya memerlukan penambahan struktur dan pelat lantai baru. Jika cukup memiliki biaya, Anda dapat menggunakan pelat lantai spesial yang kuat, dan ringan. Pilihan meningkat rumah dengan membongkar atap diperlukan jika kebutuhan ruang Anda besar.

Ruangan yang bukan sekadar tempat baca, kamar, namun juga area kamar mandi yang memerlukan perhatian serius, menyangkut pemipaan. Merenovasi dengan membongkar atap biasanya Anda lakukan kalau atap rumah memiliki plafon yang rendah, sekitar 3m. Kalau sudah seperti itu, Anda perlu membongkar atap agar ruangan hasil renovasi rumah minimalis murah menjadi maksimal. Boleh saja Anda memanfaatkan loteng untuk ruang baru, namun Anda memerlukan treatment khusus. Misalnya loteng dibuat banyak ventilasi.

Selain itu, di bawah rangka atap dipasang insulasi untuk mengurangi radiasi panas. Lain halnya jika atap rumah Anda memiliki plafon dengan tinggi 5m. Plafon ini cukup memadai untuk penambahan ruang baru. Di bawah plafon, Anda dapat memasang mezanin. Kalau dibagi rata, tinggi lantai mezanin sekitar 2,5m dan tinggi ruang di bawahnya 2,5m, Kali ini, kami akan mencoba memaparkan beberapa tips yang praktis untuk membangun mezanin dan mengolah lantai loteng. Ada 16 tip yang dapat membantu Anda. Tip ini dapat Anda kembangkan lagi sesuai kebutuhan dan selera.

  1. Buatlah denah pengembangan.

Rencanakan desain renovasi sesuai kebutuhan. Buat daftar kebutuhan ruang yang Anda akan bangun. Misalnya:

– Rencana dan target renovasi rumah minimalis 1 lantai. Untuk menambah ruang, memperbaiki plafon, atau aspek keindahan. Gunakan skala prioritas renovasi yang mendesak untuk dilakukan.

– Siapa yang yang akan menempati: anak, orang tua, atau ruang untuk saudara yang singgah. Perhatikan model dan ketinggian tangga jika yang menghuni adalah orang tua.

– Desain yang akan dibangun. Ceklah sekali lagi, apakah denah ini sudah final, atau Anda ingin melakukan renovasi tambahan jika ada ada dana tersedia.

  1. ruang lingkup renovasi

Tentukan batasan renovasi yang Anda ingin lakukan. Apakah Anda ingin menambah lantai biasa atau menambah dinding baru dengan banyak jendela? Mintalah saran arsitek untuk menentukan kebutuhan bersama. Sebaiknya perhatikan:

– Fungsi ruangan, Ruang baca, kamar tidur, atau ruang bermain.

– Aktivitas yang dilakukan di ruangan itu,

– Kapan ruangan itu dipakai. Pagi, siang, malam, atau sepanjang hari.

– Bentuk ruangan. Kotak, persegi, atau diagonal.

– Apakah perlu sekat atau terbuka. Tentukan batas ruangan. Kejelasan ini membantu Anda untuk menentukan jenis struktur, material dan furnitur yang akan Anda gunakan.

  1. wujudkan impian

Anda dapat menuangkan segala impian di lantai baru yang akan dibangun. Jangan ragu. Tuangkan saja. Jika ada masalah desain dan struktur, Anda dapat meminta saran arsitek atau kontraktor yang Anda pilih untuk renovasi rumah minimalis dengan biaya murah. Kalau memang ada dana lebih, Anda dapat menggunakan tenaga desainer untuk menata, mempercantik tampilan ruang dengan furnitur, tata cahaya, dan warna yang sesuai selera.

  1. Cek kondisi struktur rumah lama

Perhatikan kondisi tiang, balok, dan dinding. Ceklah bersama arsitek dan kontraktor, apakah struktur itu cukup memadai untuk menerima beban lantai baru. Jika tidak, Anda dapat melakukan penambahan suntik kolom dan balok. Perhatikan hal ini sebelum suntik kolom.

– Beban yang akan dipikul oleh kolom baru.

– Kondisi struktur yang lama. Tiang, dinding, dan balok.

– Dimensi dan material untuk kolom baru.

– Biaya yang Anda miliki. Jika dana terbatas, gunakan material yang kuat, namun terjangkau.

  1. lakukan pengecekan 3 hal ini

– jalur perkabelan dan letak lampu.

– Jalur pemipaan air jika memang ada. Untuk lantai baru seperti kamar mandi, jalur pipa dan jenis bahan pipa perlu tertata rapi.

– Akses ke lantai baru (mezanin dan lantai loteng). Jika membuat posisi tangga yang curam, perhatikan pijakan dan railing yang kuat dan aman.

  1. atur posisi furnitur

Hendaknya tidak membuat penempatan furnitur yang membuat ruangan menjadi sempit. Rapatkan furnitur pada satu dinding, sementara dinding yang lain terbuka. Dengan cara ini, ruangan di tengah menjadi terbuka dan beban dari furnitur. Ruangan jadi lebih lega. Kalau memang ada ceruk di ruangan itu, Anda dapat menggunakan model furnitur tanam (built in).

  1. perhatikan penutup lantai

Banyak ragam bahan penutup lantai. Namun Anda dapat memilih jenis yang ringan, kuat, dan mudah dirawat. Sebelum menentukan jenis bahannya, Anda pedu mengetahui struktur lantainya. Untuk lantai beton, Anda dapat menggunakan keramik atau parket solid. Namun jika lantainya dari rangka papan semen, Anda dapat menggunakan lantai parket biasa.

  1. memulai membangun struktur lantai mezanin dan loteng

Cek empat hal ini : – Pekerjaan dan batas plafon rumah, – Pekerjaan dan batas dinding ruangan. – Pekerjaan struktur dan rangka lantai. – Pekerjaan konstruksi khusus seperti tangga. – Pekerjaan pembuatan jalur pemipaan dan pekerjaan listrik – Pekeriaan finishing interior. – Pekerjaan pembuatan furnitur built in.

  1. periksa kondisi plafon dan atap

Jika pilihan Anda menambah lantai mezanin, Anda perlu mengecek kondisi tinggi plafon. Minimal 5m. Dengan begitu, Anda tak kesulitan membuat ruang baru, tanpa merombak atap. Lain halnya jika plafon rumah Anda hanya 3m. Anda perlu merombak atap, dan kemudian menggunakan loteng ruang baru. Jika tidak memungkinkan, Anda dapat merombak atap. Penggunaan loteng untuk ruang baru memerlukan ventilasi yang memadai, Ventilasi berguna sebagai jalur udara dan cahaya. Banyak ventilasi membuat loteng menjadi lebih adem dan terang. Pasang kawat ke bagian depan ventilasi agar serangga tidak masuk.

  1. optimalkan furnitur tanam (built in)

Furnitur tanam akan berguna jika memang di area lantai mezanin dan loteng terdapat ceruk. Di sanalah furnitur buitt in kelak dipasang. Bahan furnitur dapat menggunakan papan biasa yang dicat atau ditempel dengan HPL. Selain mudah dilepas pasang, bahan papan mudah didapat dan dirawat.

  1. instalasi perkabelan listrik

Anda dapat membungkus kabel-kabel dengan pipa konduit. Pipa membuat kabel menjadi rapi. Selain itu, pipa melindungi kabel dari gigitan serangga. Jika memang Anda ingin mengekspos kabel, tempatkan pada satu sisi lantai yang aman. Gunakan kabel yang berkualitas baik.

  1. tentukan letak lampu

Di mezanin dan lantai loteng, Anda dapat menempatkan lampu model downlight. Penempatannya bisa disebar, atau dibuat satu grup. Pasanglah lampu tersebut dengan cara ditanam agar letak lampu rapi. Gunakan lampu yang hemat energi sehingga konsumsi listriknya rendah.

  1. cari informasi arsitek dan kontraktor

Anda memerlukan mitra untuk pekerjaan membangun mezanin dan lantai loteng. lnformasi mengenai jasa arsitek dan kontraktor dapat Anda peroleh melalui majalah, internet, ataupun bertanya kepada kenalan. Pastikan pilihan Anda tepat dengan memeriksa track record. Jangan sungkan untuk berdiskusi lebih intens agar Anda dapat mengenali lebih mendalam.

  1. dapatkan hunian sementara

Kalau memang renovasi Anda berskala besar seperti merombak atap, Anda memerlukan ruang atau rumah sementara. Anda dapat menyewa menyewa rumah biasa yang dekat dengan lokasi rumah sehingga Anda dapat mengawasi pelaksanaan renovasi. Namun jika renovasi tidak berskala ringan, misalnya menambah lantai mezanin dengan struktur ringan, Anda dapat menggunakan salah satu ruangan untuk hunian sementara.

  1. tentukan gaya dan suasana interior

Pilihan bahan interior sangat tergantung dari gaya dan suasana apa yang Anda hendak bangun. Masing-masing bahan tentu ada plus dan minusnya, namun Anda dapat membuat pilihan bahan yang mudah diaplikasikan. Kalau perlu bahan itu bisa dipasang oleh tukang biasa sehingga Anda tidak repot meminta bantuannya jika ada masalah dengan pekerjaan tambahan biasa.

  1. gudang mini untuk simpan barang

Letak gudang mini bisa dikolong tangga atau bisa pula di satu ruangan. Fungsinya untuk menyimpan barang sementara saat renovasi berjalan. Posisi gudang iniĀ  sebaiknya tidak mengganggu sirkulasi tukang yang sedang bekerja. Fungsi lain gudang ini sebagai tempat alternatif mandor untuk mengecek barang. Hendaknya memilih ruangan sebagai gudang ini yang berdekatan dengan garasi atau halaman depan rumah.